Pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM): Siapa Yang Butuh?

Gambar: Dokumentasi Perisai UP

Sudah hampir 5 tahun semenjak Universitas Pertamina memulai tahun ajaran pertamanya. Namun, sampai saat ini Universitas Pertamina belum memiliki wadah organisasi mahasiswa berskala universitas seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Setelah proses pembentukan BEM Universitas Pertamina harus terhenti pada 2020 akibat terus berkurangnya partisipasi mahasiswa saat menjalani proses kongres, terdapat pula perbedaan harapan kepada BEM antara mahasiswa dan Universitas. Namun, gagasan pembentukan BEM kembali mencuat. Gagasan tersebut mencuat pada awal pertemuan ketua himpunan dengan rektor baru. Saat itu para ketua himpunan menyuarakan bahwa Universitas Pertamina dirasa perlu memiliki Badan Eksekutif Mahasiswa.

“Euphoria pembentukan BEM kembali lagi saat kahim-kahim yang baru menjabat di himpunan,” ungkap Abidz Ketua Himpunan Teknik Lingkungan periode 2020/2021.

Teuku Muhammad Roffi selaku Manajer Pengembangan Bakat dan Organisasi Kemahasiswaan Universitas Pertamina menargetkan BEM harus sudah dibentuk pada bulan Agustus 2021.

“Tantangannya sih Agustus, tapi Saya gak memaksakan BEM ada apa enggak. Yang jelas kita akan fasilitasi seperti BAPEMBEM waktu itu,” ungkap Roffi.

Roffi juga menegaskan bahwa tidak perlu dibentuk BAPEMBEM (Badan Pembentukan BEM) baru agar tidak terjadi lagi jarak antara ketua himpunan dan BAPEMBEM, dan lebih baik persiapannya dibicarakan oleh ketua Himpunan. Roffi menganggap hal yang penting adalah asas keadilan, agar para ketua himpunan dapat saling mengoreksi apabila ada program kerja BEM yang terbentur dengan program kerja himpunan. Namun, para ketua himpunan menganggap bahwa jadwal yang ditargetkan kemahasiswaan tidak realisits, terlebih pada kondisi saat ini.

“Niatnya untuk mengenalkan presiden BEM kepada Mahasiswa baru,” jelas Roffi.

Penargetan yang dinilai tidak realistis ini dianggap suatu langkah untuk memotong beberapa proses pembentukan BEM yang seharusnya dilakukan. Gian selaku Ketua BAPEMBEM mengaku pernah mendapatkan instruksi serupa. Gian menambahkan proses pembentukan BEM seharusnya ditentukan oleh mahasiswa dan datang dari keresahan mahasiswa.

“Jadi tergantung kesepakatan ketua-ketua himpunan, mau dibentuk badan persiapan baru atau tidak,” jelas Gian.

Abid juga berharap dalam proses pembentukan BEM tidak ada proses yang dihilangkan, seperti kongres dan pemira.

Selain itu, Budi W. Soetjipto selaku Wakil Rektor 1 Universitas Pertamina melihat bahwa kehadiran BEM dirasa perlu dan bagus untuk berperan sebagai koordinasi dengan himpunan dan sebagai perwakilan mahasiswa. Seperti Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi.

Kemahasiswan menganggap BEM sebagai partner di dalam satu kapal yang sama, secara sinergi berbagi program agar kemahasiswaan dapat melangkah maju mengurus hal lain. Namun, Budi menegaskan bahwa tentu akan ada batasan untuk BEM.

“Perlu duduk kewenangan tugasnya, karena ini masih ngambang dan abstrak. Kalau batasan ya pasti ada atasan-batasan. Kalau bicara batasan gak kreatif, karena kita capek juga jadi polisi, gak mungkin jadi katak dalam tempurung,” ujar Budi.

Direktur Kemahasiswaan yang baru, Husni Mubarak menganalogikan batasan BEM seperti rekan kerja yang memiliki batasan-batasan demi tujuan yang akan dicapai. Lain hal nya dengan Abid, Ia berharap kampus dapat mengerti dinamika organisasi mahasiswa di lingkungan kampus.

“Tentu, kembali lagi BEM harus terbentuk dari kebutuhan mahasiswa, bukan dari kebutuhan Universitas. Karena selama kebutuhan Universitas bisa di tangani oleh himpunan, kenapa harus ada BEM?” ujar Abid.

-ATe.
Editor: MR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: