Membanggakan, Wisuda ke-4: Universitas Pertamina Luluskan 316 Sarjana, 26% diantaranya Cumlaude

PERISAI UP – Universitas Pertamina berhasil melaksanakan wisuda ke-4 secara daring pada Rabu, 31 Maret 2021. Moment membanggakan bagi UP yang mencetak 26% Wisudawan berpredikat Cumlaude dari 316 Wisudawan.

Meskipun masih harus terlaksana dalam keadaan daring, esensi haru dan bangga pada  Wisuda ke-empat ini tetap terasa. Sebagian besar Wisudawan ke-empat ini adalah Mahasiswa berprestasi yang telah membanggakan Universitas Pertamina dengan segala prestasinya. Wisuda ke-empat Universitas Pertamina meluluskan 316 Sarjana dari 15 program studi yang ada, 26% diantaranya lulus dengan predikat pujian (Cumlaude). Adapun 3 lulusan terbaik datang dari rumpun sosial yaitu, Renata Josephine Felicia dari Program Studi Manajemen, Desi Rahmawati dari Program Studi Ekonomi, dan Muhammad Firmansyah dari Program Studi Hubungan Internasional. Kemudian, Theo Pranada Hasahatan dari Program Studi Teknik Geologi turut membanggakan dengan memenangkan meraih juara 1 pada ajang Internasional Petro Challenge 2018. Sungguh segudang kebahagiaan hadir pada Wisuda ke-empat Universitas Pertamina.

Memang, kesekian kalinya wisudawan tahun ini masih harus melaksanakan wisuda secara daring. Hal ini dikarenakan adanya pandemi yang membawa kita menghadapi kondisi VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity). Kondisi ini jelas membawa tantangan tersendiri dan timbulnya berbagai kekhawatiran, khususnya bagi para wisudawan baru. Namun setiap tantangan selalu memiliki jalan keluar. Pesan untuk berani menghadapi dan mencari jalan keluar itu lah yang kemudian berusaha disampaikan dan ditanamkan oleh Universitas Pertamina. 

Dalam sambutannya secara daring, Rektor Universitas Pertamina, Prof. Ir. I. Gusti Nyoman Wiratmaja Puja Ph.D menuturkan, bahwa salah satu kunci agar para wisudawan berhasil menghadapi kondisi VUCA adalah memiliki kemampuan untuk beradaptasi dan bertransformasi. Selain itu, Mahasiswa juga harus dapat bergerak lincah dan fleksibel.

Tetapi ada salah satu hal yang menarik dari wisuda kali ini, yaitu hadirnya Cinta Laura Kiehl sebagai salah satu Guess Speaker pada momen bahagia Wisudawan UP. Pada kesempatan tersebut, Cinta membagikan kisah Motivational Speech-nya dan lengkap dengan pemberian Tips and Trick sebagai kunci mencapai kesuksesan kepada para Wisudawan. Resep yang dituturkan olehnya yang harus diperhatikan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup ada tiga tahapan. Pertama, belajarlah untuk fokus dengan jalan hidup sendiri. Kedua, kita tidak terpengaruh dengan kata-kata negatif dari orang lain sebab akan membuat kita mempertanyakan value diri kita sendiri. Ketiga, fokuslah pada kelebihan yang kita punya dan asah setiap kelebihan yang kita punya. 

Universitas Pertamina akan terus berkomitmen untuk menjadi Universitas Berkelas Dunia yang melahirkan SDM Unggul. UP bertekad untuk memberikan dukungan aktif kepada para Mahasiswa dalam kegiatan-kegiatannya, serta membuka berbagai kesempatan untuk mempersiapkan Mahasiswa terjun ke dalam dunia kerja. 

(EM)

Editor: MR, CMS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: