Tips Jitu Belajar Menggaet Perusahaan: Ciptakan Curriculum Vitae Terbaik Bersama SEPARATOR 2.0

JAKARTA, PERISAI UP  – Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan  Universitas Pertamina (HMTM UP) dalam acara  Smart Work Preparation for Millenials Engineer (SEPARATOR 2.0) mengadakan webinar bertajuk “Best Way to Create a Powerful Curriculum Vitae” pada tanggal 19 Februari 2021. 

Webinar ini mendatangkan pembicara Nicky Maulani, M.psi., Psikolog, CGA dan bertujuan untuk menciptakan curriculum vitae secara sempurna dan dapat menggaet peluang yang lebih besar untuk lolos pada proses screening di suatu perusahaan. 

Tips jitu yang dapat kalian lakukan saat mempersiapkan  curriculum vitae secara efektif sebagai berikut:.

1. Perhatikan lowongan pekerjaan yang tersedia yang sesuai dengan spesifikasi pekerjaan: Carilah lowongan yang sesuai dengan kemampuan yang kalian miliki. Misalnya, dibuka lowongan pekerjaan untuk Manager, memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun,  sedangkan kamu merupakan seorang fresh graduate. Maka dari itu, jangan mencoba untuk melamar karena dapat dipastikan CV kalian akan gugur saat proses screening.

2. Gunakan  alamat email dan foto yang profesional:

Hal ini menunjukkan keseriusan kalian untuk melamar suatu posisi pekerjaan. menunjukan bahwa kamu memang serius untuk melamar pekerjaan. Gunakan alamat email yang baik dan tidak alay seperti  cayangkamucelalu@gmail.com. Jika alamat email kamu seperti itu, kamu dapat membuat email baru yang lebih proper seperti menggunakan nama asli mu maupun yang terkesan profesional untuk digunakan. Selain sertakan foto formal dan bukan swafoto.

3. Isi CV bersifat ringkas, padat , jelas, serta konsisten:

Buatlah CV yang mudah dibaca, berisi informasi yang tidak bertele-tele, mengurutkan pengalaman secara kronologis (mulai dari pengalaman terbaru sampai ke yang paling lama) Lalu, terapkan penggunaan bahasa secara konsisten yaitu bila kalian menggunakan Bahasa Indonesia, maka gunakan saja keseluruhan Bahasa Indonesia. 

4. Tonjolkan kualifikasi diri:

Menjelaskan kualifikasi diri kalian dengan menuliskan kemampuan yang kalian miliki yang sesuai lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Kemudian cantumkan penghargaan yang pernah kamu raih, tetapi sesuaikan konteks dan tetap berkaitan dengan posisi yang kalian akan lamar. Kemudian jelaskan kemampuan yang kalian punya, jangan sampai kamu self-claiming  karena harus disertakan dengan bukti nyata. 

5. CV berisi maksimal 2 lembar:

Hal ini bertujuan untuk mudah dibaca. Selain itu, pihak yang melakukan pengecekan CV kalian tidak memiliki waktu banyak, sebab tidak hanya kamu saja yang  ingin melamar di posisi tersebut.

6. CV bersifat menarik sesuai posisi yang akan kalian lamar:

Sesuaikan konsep CV sesuai pekerjaan yang akan kalian lamar. Jika posisi yang kamu lamar adalah manajer maka kamu tidak perlu untuk membuat CV penuh warna. Berbeda cerita jika kamu melamar posisi graphic designer yang memerlukan kreativitas tinggi.

7. Sertakan kontak pribadi yang dapat dihubungi:

Kontak pribadi ini diletakkan pada halaman paling depan CV kalian. Hal ini berfungsi agar recruiter dengan mudah  untuk langsung menghubungi kalian jika CV memang sesuai dengan yang perusahaan inginkan.

8. Rutin untuk update CV kalian:

Bila kalian sering mengikuti kegiatan pengembangan diri atau sudah berpindah posisi pekerjaan, maka jangan lupa untuk mengganti CV kalian. Hal ini bertujuan agar pada saat kalian lolos proses screening dan melakukan wawancara sehingga tidak ada perbedaan data yang tertera di CV kamu dengan yang kamu katakan.

Persiapkan CV kalian sebaik mungkin ketika ingin melamar suatu lowongan pekerjaan. Walaupun CV yang kalian buat sudah mengikuti syarat-syarat tersebut, akan tetapi tidak menjadi suatu patokan dan jaminan CV kalian lolos screening. Tips diatas berguna sebagai panduan untuk memperbesar kesempatan UPers untuk lolos proses screening. Semangat bagi UPers yang sedang memperbaiki CV kalian secara maksimal! 

(SENJA)

Editor: MR, CMS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: