Tingkatkan Pengetahuan Energi bersama CHE-FEST Grand Webinar


Chemical Engineering Festival Student (CHE-FEST) 2021
diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Pertamina 
Grand Webinar yang bertajuk “Challenging the Ability to Sustain the Earth”.

JAKARTA, PERISAI UP (10/02/2021) – Chemical Engineering Festival Student (CHE-FEST) 2021, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Pertamina melaksanakan Grand Webinar pada tanggal 10 Februari 2021. 

Webinar ini bertajuk “Challenging the Ability to Sustain the Earth” dan bertujuan untuk membuka cakrawala serta pengetahuan yang lebih dalam tentang energi khususnya di Indonesia. Sebanyak 200 partisipan mengikuti webinar ini. 

CHE-FEST diadakan dengan 3 sesi. Sesi pertama membahas tentang  “Strategi Indonesia Bertahan di Tengah Kompetisi Energi Baru Terbarukan Global”. Sesi ini disampaikan oleh Toni Susandi selaku Kementerian SDM. Susandi memaparkan tentang harapannya kepada seluruh generasi muda untuk memberikan sumbangsih dan kontribusi dalam pengembangan EBT. Selain itu generasi muda diharapkan dapat mulai menerapkan  dan menggunakan EBT dari lingkungan masing-masing.

Sesi kedua mengenai “Peran EBT untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masa Depan Indonesia” yang disampaikan oleh Surya Dharma, PhD.,Dipl,Geotherm,Tech selaku Ketua METI (Masyarakat Energi Baru Terbarukan Indonesia). Pada sesi ini, Dharma memaparkan bahwa adanya kesalahan persepsi dan pemahaman yang keliru tentang EBT dan renewable energy  dalam pandangan masyarakat.  

“Di masyarakat itu seolah-olah renewable energy selalu disebutkan dengan EBT, sebenarnya yang kita sebut dengan energi terbarukan adalah renewable energy itu adalah ET bukan energi fosil. EBT itu sendiri adalah percampuran dari energi terbarukan dan energi fosil.” jelas Dharma. Adanya kesalahan persepsi inilah yang membuat upaya perencanaan EBT tidak konsisten dikembangkan, tambahnya.

Sesi terakhir membahas tentang “Mengoptimalkan Potensi Milenial dalam Riset Pengembangan Energi Baru Terbarukan” yang dipaparkan oleh Abu Bakar Abdul Karim Almukmin,S.T. (Managing Director di Warung Energi). Sesi ini membahas tentang pengembangan ide riset di bidang energi terbarukan. 

“Kita mulai memilih topik, mempersempit topik yang kita pilih. Misalnya kita mau mengambil energi terbarukan bisa kita persempit dengan mengambil energi surya. Selanjutnya kita identifikasi apa masalah-masalah dalam energi surya seperti itu. Kemudian kita mengembangkan pertanyaan-pertanyaan mengenai energi surya, setelah itu baru kita riset untuk menjawab, dari pertanyaan dan jawaban tersebut baru kita bisa mengajukan proposal kepada calon promotor kita.”, ujarnya.

Terwujudnya Grand Webinar Chemical Engineering Festival Student (CHE-FEST) 2021 ini, menjadi titik acuan bagi masyarakat agar semakin terbuka wawasan dan pengetahuan di bidang perkembangan energi di Indonesia.

Editor: MR, CMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: