Belajar Teknik Penulisan Jurnal Internasional bersama WOFMAN UP 2021

JAKARTA, PERISAI UP (13/02/2021) – Departemen Litbang MSPU, Universitas Pertamina mengadakan event Webinar WOFMAN UP 2021 yang bertajuk Introduction to Global Indexed Scientific Journal Writing tanggal 13 Februari 2021. 

Acara ini turut mendatangkan pakar penulisan jurnal skala Internasional, Hesti Maheswari, S.E., M.Si. selaku Dosen Program Studi Manajemen, Universitas Pertamina. 

Melihat adanya keinginan Mahasiswa untuk menulis jurnal berskala Internasional, akan tetapi munculnya berbagai polemik yang dihadapi, maka webinar kali ini membahas bermacam hal terkait penulisan tata cara penulisan jurnal, cara mengakses jurnal yang terindeks dalam skala internasional, alur publikasi jurnal internasional, dan syarat jurnal terindeks internasional. 

Hesti Maheswari, S.E., M.Si memaparkan bahwa ‘’Menulis perlu memperhatikan etika dasar menulis’’. Oleh karena itu, penulis perlu memperhatikan beberapa hal terkait etika penulisan sebelum melangkahkan kaki untuk melakukan penulisan jurnal Internasional. Beberapa tips yang dapat diperhatikan saat menyiapkan langkah penulisan jurnal skala Internasional yaitu:

1. Etika Dasar Menulis:

  1. Menyampaikan kebenaran
  2. Menyadari tanggung jawab, nilai, dan moral
  3. Objektif dan tidak berdasar pada prasangka
  4. Menghindari plagiarisme
  5. Tidak mempublikasikan tulisan sama publisher lainnya.

2. Menghindari Jurnal Predator yaitu, menetapkan kiat khusus yang dapat kita lakukan pada jurnal sering mengabaikan etika ilmiah dan mengutamakan keuntungan finansial. Dampaknya yaitu publishing fee yang diterapkan harganya sangat mahal.  Lalu, untuk mengecek jurnal predator dapat diakses melalui http://pak.ristekdikti.go.id/ atau https://beallslist.weebly.com/ 

3. Cara menulis naskah berdasarkan artikel penelitian yaitu mencari fenomena masalah yang menarik dari pengalaman sekitar, cari jangkauan permasalahan, pemecahan masalah, dan mengikuti pedoman penelitian.

4. Tidak melakukan upaya mensitasi penulisan dari penelitian sebelumnya.

Dengan dilaksanakannya Webinar ini diharapkan dapat memberikan ilmu dan manfaat bagi para partisipan dalam membuat perencanaan dan penyusunan jurnal berskala Internasional. 

(CMS)

Editor: MR, CMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: