Rayakan Dies Natalis Kelima: Universitas Pertamina Raih Segudang Prestasi

Penyerahan Rekor MURI oleh Andri Purwandono, Senior Manager MURI (kiri) kepada Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, PhD (kanan) di Universitas Pertamina, Jakarta, Senin (01/01/2021) via live streaming youtube

JAKARTA, PERISAI UP (01/01/2021) – Tepat pada tanggal 1 Februari 2021, Universitas Pertamina mengadakan Sidang Terbuka Lustrum ke-1 dan perayaan Dies Natalis ke-5 Universitas Pertamina. Perayaan ini diselenggarakan secara siaran langsung melalui kanal youtube resmi mereka. Pada Dies Natalis kali ini, UP mengusung tema  ‘’Membentuk Generasi Unggul, Menjawab Tantangan Energi’’ sebagai rangkaian perjalanan 5 Tahun Universitas Pertamina. Segudang prestasi pun turut diraih pada perayaan besar Universitas Pertamina tahun ini.

Perayaan Sidang Terbuka ini diawali dengan sambutan oleh Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, PhD. Ia menyampaikan bahwa, ‘’Suatu pencapaian yang luar biasa untuk Universitas yang baru berdiri selama 5 tahun. Universitas Pertamina akan menjadi Universitas kelas dunia di bidang energi paling lambat tahun 2030’’.

Ramainya sederet ucapan selamat pun turut disampaikan atas perayaan Lustrum dan Dies Natalis UP, salah satunya jajaran Universitas BUMN seperti Telkom University, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG), Institut Teknologi PLN, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). 

Suatu kebanggan bagi Universitas Pertamina pada Dies Natalis tahun ini, dimana UP meraih segudang prestasi dan menorehkan warna. UP menduduki posisi ke 4 jumlah mahasiswa terbanyak sains and technology indeks oleh Badan Riset Nasional Indonesia, menempati urutan 74 diantara 3000 Perguruan Tinggi di Indonesia pada urutan 129 dari 141 perguruan tinggi non vokasi. Diutarakan langsung oleh Koeshartanto Direktur SDM PT Pertamina (Persero). Selain itu, UP menorehkan prestasi mengagumkan yaitu meraih penghargaan rekor MURI atas Perguruan Tinggi Swasta yang Mengadakan Seri Webinar Terbanyak selama pandemi 2020.

Penyampaian Orasi Ilmiah “Membentuk Generasi Unggul Menjawab Tantangan Energi” oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr (H.C). K.H Ma’ruf Amin

Tak hanya itu, UP mendapat kesempatan spesial yaitu penyampaian Orasi Ilmiah oleh Prof. Dr (H.C). K.H Ma’ruf Amin selaku Wakil Presiden Republik Indonesia. Ma’ruf Amin menyampaikan orasi tentang “Membentuk Generasi Unggul Menjawab Tantangan Energi”. Ia menyampaikan bahwa pengembangan sumber daya manusia yang unggul harus dimulai dari dunia pendidikan agar Universitas Pertamina dapat menghasilkan calon tenaga kerja yang baik. Ia menambahkan dengan meningkatkan persebaran secara luas energi ke seluruh Indonesia agar semua masyarakat dapat menikmati energi dengan baik tanpa ada hambatan. Pengalihan dari penggunaan sumber energi tidak terbarukan menjadi ke sumber energi terbarukan yang lebih dekat kepada kita, bertujuan untuk mengurangi ketergantungan negara terhadap pengimporan energy dan meningkatkan inovasi untuk negara ini agar tujuan pembangunan berkelanjutan dapat tercapai pada tahun 2035’’.

Pemberian Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Mahasiswa/Mahasiswi 
Berprestasi oleh Prof. Akhmaloka. PhD didampingi dengan Prof. Dr. Ir.Ichsan Setya Putra, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan 

Dalam rangkain acara tersebut, terdapat pemberian penghargaan kepada Dosen, Staf dan Mahasiswa/Mahasiswi Berprestasi oleh Prof. Akhmaloka. PhD didampingi dengan Prof. Dr. Ir.Ichsan Setya Putra, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan turut melakukan pemberian penghargaan oleh Mahasiswa Berprestasi di setiap program studi Universitas Pertamina. 

Tidak hanya itu, beberapa staf dan dosen Universitas Pertamina pun turut meraih penghargaan sebagai dosen terbaik. Kemudian, dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara Universitas dengan para mitra seperti PT XL Axiata Tbk (Perkembangan bidang Internet of Things), Institute of Certified Management Accountants. 

Rangkaian perayaan Sidang Terbuka Lustrum ke-1 dan perayaan Dies Natalis ke-5 Universitas Pertamina berjalan dengan hikmat dan dipenuhi segudang prestasi.

(CMS, SENJA)

Editor: MR, CMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: