Satgas Covid-19 Beri Klarifikasi Atas Isu Chip Pada Vaksin

 

Sumber Gambar: Pernyataan Satgas Covid-19 pada 
kanal Youtube Sekretariat Presiden

JAKARTA, PERISAI UP (21/01/2021) –  Satgas Penanganan Covid-19 tingkat pusat mengklarifikasi isu atau berita terkait implantasi chip selama proses vaksinasi Virus Corona dan menegaskan bahwa isu atau berita tentang implantasi chip selama proses vaksinasi Corona tidak benar.

Pada konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Setpres, Prof Wiku Adisasmito selaku juru bicara Satgas Covid-19 mengatakan, “Saat ini kami melihat adanya isu penanaman chip yang bisa melacak masyarakat yang telah menerima vaksin. Ia menegaskan bahwa berita tersebut merupakan berita bohong atau hoax dan tidak ada chip di dalam vaksin. Kegunaan barcode adalah semata-mata untuk pelacakan distribusi produk vaksin, dan sama sekali tidak dapat difungsikan untuk melacak keberadaan masyarakat yang telah divaksin” (19/1/2021).

Menurut keterangan dari Prof. Wiku sendiri, fungsi dari barcode yang diisukan akan ditempel pada masyarakat  setelah divaksin hanya berguna untuk pelacakan pendistribusian vaksin. Barcode tersebut sama sekali tidak dapat difungsikan untuk melacak keberadaan masyarakat yang telah divaksin. 

Selain itu, Prof. Wiku juga menegaskan perihal informasi pribadi milik masyarakat yang diperoleh saat program vaksinasi yang diadakan oleh pemerintah akan dijamin kerahasiaannya. Data itu nantinya hanya akan digunakan untuk kepentingan proses vaksinasi Covid-19. Hal ini telah diatur dalam pasal 8 ayat 1 PP 40 tahun 2019. “Bahwa kementerian atau lembaga dan badan hukum Indonesia yang memperoleh data pribadi penduduk atau data kependudukan dilarang menggunakan data pribadi penduduk melampaui batas kewenangannya,” jelas Prof Wiku.

(SM/CZ)

Editor: MR, CMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: