Salah Gunakan Izin Tinggal di Indonesia: WNA Amerika Dideportasi Imigrasi

Sumber Gambar : Kompas.com

JAKARTA, PERISAI UP (21/01/2021) – Antoinnette Gray (Kristian Gray) seorang warga negara Amerika ramai menjadi perbincangan publik dengan munculnya sebuah utas di media sosial Twitter yang ia buat. Di dalam utas tersebut, Kristian memaparkan dan mendorong turis asing (bule) untuk tinggal di Bali selama pandemi dan dideportasi karena melanggar tujuan izin tinggal selama di Indonesia.

Munculnya utas viral di jagat media sosial Twitter mendapat kecaman oleh masyarakat Indonesia dan memicu kemarahan warganet. Banyaknya warganet yang kontra atas tindakan Gray tersebut, warganet pun melakukan mention kepada akun pihak Ditjen Imigrasi Kemenkumham. Kemudian, pihak Imigrasi pun bergerak cepat untuk melakukan pengecekan data masuk milik Kristen Gray. Gray bersama pasangan wanitanya, Saundra lalu dipanggil dan dilakukan pemeriksaan oleh pihak Imigrasi Denpasar. 

Setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih delapan jam, Gray dinyatakan bersalah dan dideportasi selama enam bulan. Kemenkumham menyatakan bahwa Kristen Gray melanggar pasal 75 ayat 1 dan 2F dalam UU 6/11 tentang Keimigrasian. Ia beserta pasangannya dideportasi karena membahayakan publik atas ajakannya yang mengundang WNA untuk tinggal di Bali selama pandemi. 

Akan tetapi, ada penolakan oleh Gray sendiri yang menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah karena ia merasa dirinya tidak menetap. Gray justru menyatakan bahwa dirinya dideportasi karena pernyataannya mengenai LGBT. “Saya tidak bersalah, visa saya tidak overstay, saya tidak menghasilkan uang dalam Indonesia rupiah. Saya berkomentar mengenai LGBT dan saya dideportasi karena LGBT” ungkap Gray seperti dikutip dari Kompas.com. 

Meskipun ada bantahan dari Gray, pihak seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Denpasar melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta telah mendeportasi Kristen Gray ke negara asalnya, Amerika Serikat, Kamis (21/1/2021).

(MNM/RM)

Sumber: Kompas.com

Editor: MR, CMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: