Dikabarkan Hilang Selama 3 Bulan: Jack Ma Kembali Muncul

Foto tertanggal 15 Mei 2019 menampilkan salah satu pendiri Alibaba, Jack Ma
menghadiri acara Tech for Good di Paris, Perancis.(AP PHOTO/THIBAULT CAMUS)

JAKARTA, PERISAI UP (22/01/2021) – Hilangnya keberadaan Jack Ma selama tiga bulan, miliarder asal China sekaligus pendiri dari e- commerce Alibaba, menjadi teka-teki yang akhirnya telah terkuak. Setelah dikabarkan hilang sejak bulan Oktober 2020 lalu, Jack Ma terlihat muncul pertama kali dengan menyapa 100 guru di daerah pelosok China melalui konferensi video pada Rabu pagi.

Dipenuhi isu yang berkembang mengenai Jack Ma yang mulai tidak terlihat di hadapan publik setelah dirinya melontarkan kritik kepada Pemerintah China yang dipimpin Presiden Xi Jinping. Pada pernyataannya, pengusaha 56 tahun itu sempat menyindir Pemerintah China dengan menyebut sistem regulasi keuangan di China menghambat inovasi sehingga harus direformasi untuk mendorong pertumbuhan. 

“Sistem keuangan saat ini adalah warisan era industri. Kita harus menyiapkan generasi baru dan generasi muda,” ungkap Jack Ma (dikutip publikasi pemberitaan Reuters).

Dugaan bahwa Jack Ma “dihilangkan” oleh Pemerintah China menguat, karena adanya rekam jejak peristiwa serupa yang sudah pernah terjadi.  Namun, Hal tersebut ditepis oleh jurnalis CNBC, David Faber yang menyatakan tidak adanya campur tangan pemerintah. “Dia tidak ditangkap. Ini bukan situasi seperti Chairman Wu,” kata Faber.

(AD/ATE)

Sumber: Kompas.com

Editor: MR, CMS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: