Tidak Melulu Soal Cinta, BTS Giat Suarakan Kesehatan Mental Lewat Lagu

Sumber: dreamers.id

BTS merupakan boyband asal Korea Selatan yang saat ini sedang melejit dalam industri musik, terlebih digandrungi masyarakat Indonesia. Kita ketahui bahwa boyband tersebut sering menciptakan lagu bernuansa romantis percintaan insan muda dan persahabatan. Tidak melulu menciptakan lagu bertema percintaan ataupun persahabatan, tetapi ada hal yang membanggakan dari boyband ini yaitu mereka berani mengangkat isu kesehatan mental dalam lagu milik mereka. Isu yang mereka angkat seperti masalah anak sekolah, masalah sosial, dan juga masalah psikologis. Berikut ini hal membanggakan dari BTS tentang gerakan isu kesehatan mental yang mereka lakukan, sebagai berikut:

  1. Tahun 2017 BTS bersama UNICEF melakukan gerakan kampanye LOVE MYSELF #ENDVIOLENCE untuk memberantas bullying dan tindak kekerasan terhadap anak. 
  2. Magic Shop:

“I know that youre hesitating because even if you speak your true heart,

it all comes back as scars

I wont say obvious things like cheer up,

but Ill just listen to your story, listen”

Bermula dari inspirasi yang buku yang Jungkook baca berjudul Into The Magic Shop yang bercerita tentang teknik psychodramatic. Lagu ini bercerita tentang seseorang berusaha mengungkapkan masalahnya, ia juga ketakutan.  Dimana orang hanya butuh untuk didengarkan dan ingin dimengerti. BTS juga menganggap bahwa ARMY lah yang membantu para member untuk mencintai dan memahami diri mereka. Sebaliknya, mereka juga menginginkan fans mereka, ARMY dapat melakukan hal yang sama seperti mereka. 

  1. Love Yourself: “Love yourself, speak yourself. Lagu ini berbicara tentang mencintai diri kita sendiri dan mencoba mengingat siapa diri kita dan apa yang kita hadapi. 
  2. Isu psikologis yang dimuat dalam beberapa lagu milik mereka seperti Answer, 2!3!, Sea, Make It Right, Jamais Vu, dan Ephiphany.

Melihat BTS giat mengangkat isu kesehatan mental dari karya yang mereka ciptakan, didasarkan pada permasalahan hidup yang dihadapi dari tiap member dan juga melihat problema yang dihadapi oleh anak muda di usia mereka. Beberapa karya lagu yang BTS buat diselipkan dengan lirik lagu dengan kalimat positif untuk mengajak orang disekitar kita untuk lebih peduli akan kesehatan mental. Selain itu juga karya tersebut dipersembahkan untuk para fans mereka yaitu ARMY agar sama-sama bergerak untuk lebih peduli akan yang namanya isu-isu kesehatan mental. Nyatanya, lewat karya berupa lagu dapat menjadi healing dan ajakan untuk melawan isu-isu kesehatan mental yang ada disekitar kita.

‘’Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day 10 Oktober 2020’’.

Sumber: idntimes, cnnindonesia, popmama.

(CMS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: