Situs Streaming Film IndoXXI Resmi Tutup

sumber foto: cnbcindonesia.com

Situs streaming film ternama di Indonesia yaitu IndoXXI resmi ditutup pada tanggal 1 Januari 2020. Informasi penutupan situs IndoXXI menjadi viral di berbagai macam media sosial, salah satunya di Twitter yang menjadi trending topic. Sejumlah masyarakat merespon terkait dengan penutupan situs streaming tersebut, ada yang setuju dan ada pula yang tidak setuju.

Sebagai penikmat film yang menggunakan situs IndoXXI, Aldi (19) merasa kecewa dengan ditutupnya IndoXXI.

“Jujur, saya merasa sangat kecewa dengan ditutupnya IndoXXI karena saya tidak bisa lagi menikmati film yang ingin saya tonton secara gratis dan tidak perlu repot-repot untuk berjalan ke bioskop.”

Berbeda dengan pendapat Aldi, Heru (20) justru sangat setuju dengan ditutupnya IndoXXI.

“Saya memang gemar menonton film melalui situs IndoXXI, tetapi dengan ditutupnya situs tersebut membuat saya merasa sangat senang karena saya tidak lagi bergantung kepada hal yang ilegal. IndoXXI merupakan suatu hal yang ilegal, jadi dengan kita menggunakan media tersebut, maka kita sebenarnya mendukung pembajakan dari sebuah karya film dan merugikan orang yang telah menciptakannya. Seharusnya penutupan situs IndoXXI dilakukan dari dulu agar tidak menyebar situs-situs ilegal yang serupa tapi syukurlah sudah ditutup, semoga ini menjadi titik terang masyarakat untuk memerangi pembajakan karena hak cipta sebuah karya harus dilindungi, kalau tidak orang-orang malas untuk berkreasi dan berinovasi.”

Penutupan situs IndoXXI sendiri dilakukan oleh Kominfo. Dilansir dari Kompas.com, Kominfo menggandeng Direktorat Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, penegak hukum, dan Asosiasi industri kreatif untuk mengatasi peredaran karya secara ilegal.

Kominfo beserta instansi pemerintah lainnya yang terkait dengan pembajakan suatu hak cipta tidak akan berhenti untuk memblokir dan menghapus situs-situs ilegal karena pemerintah tidak ingin adanya pihak yang tidak mendapatkan keuntungan dari hasil karyanya dan pihak yang meraup keuntungan dengan cara yang tidak benar serta merugikan pihak lain. Pemerintah juga telah mencari berbagai cara untuk memberikan efek jera terhadap oknum-oknum yang telah merugikan berbagai macam pihak. (BR)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: