Sumber : food.detik.com

Minuman boba saat ini tengah populer dikalangan masyakat. Boba hadir dengan rasa dan macam olahan yang beragam, membuat boba banyak dicari oleh masyarakat. Harganya pun bervariasi dari murah hingga mahal.

Boba berasal dari Taiwan yang dikenal dengan nama zenzhu naicha. Boba adalah bola-bola berwarna hitam yang pada. Aslinya, boba ini tidak memiliki rasa. Tetapi karena direndam dengan gula dan madu, rasa boba menjadi lebih manis.. Bahan dasar boba adalah tepung tapioka yang terbuat dari singkong. Boba sering dikombinasikan dengan teh, kopi, dan sebagai toping kue.

Indonesia juga mempunyai minuman khas yang konsepnya mirip dengan minuman boba, yaitu cendol.

Cendol adalah minuman khas Sunda yang biasa disajikan dengan santan dan gula merah cair, sedangkan di Jawa Tengah minuman ini dikenal sebagai dawet. Cendol terbuat dari tepung hunkwe atau beras, berbentuk buliran berwarna hijau atau hitam. Es cendol saat ini sudah divariasikan dengan menambahkan berbagai rasa dan toping seperti durian, nangka, dan tape ketan. Biasanya minuman ini dijual dengan harga yang relatif murah sekitar Rp2000 – Rp10000 saja.

Boba dan cendol mempunyai beberapa kesamaan seperti teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis. Ditambah lagi saat ini, trend minuman boba adalah menambahkan brown sugar yang mana sama seperti ciri dari es cendol/dawet yang ditambahkan gula merah cair di dalamnya. Campuran tersebut membuat rasa keduanya semakin nikmat dan segar. Dawet dengan rasa tradisionalnya dan Boba dengan kemodernannya dapat menjadi pilihan untuk melepas dahaga atau sekedar mengganjal perut.

Baik es cendol maupun boba mempunyai kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi sehingga tidak disarankan bagi orang yang sedang diet dan konsumsi yang berlebihan juga buruk bagi kesehatan.

(CY)