Description: C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2020-01-30 at 21.40.45.jpeg
sumber foto :   https://www.instagram.com/p/B78Cqr-AuiQ/?igshid=12cr2ctzdd91b

Film Semesta merupakan film dokumenter berdurasi panjang yang tengah tayang di bioskop Indonesia mulai tanggal 30 Januari tahun ini. Film yang diproduseri oleh salah satu aktor Indonesia, Nicholas Saputra bersama rekannya Mandi Marahimin sukses mendapatkan sambutan positif dari penontonnya. Penonton pun dibuat takjub akan pemandangan yang berbeda pada film dokumenter ini. Film ini dibuat sedemikian apik dengan memperhatikan standar tontonan bioskop. Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim pun mengajak masyarakat untuk menyaksikan film ini, ”Kalo ada orang tua maupun siswa di masyarakat yang ingin tahu apa itu artinya akhlak tolong saksikan film ini,” ujar beliau setalah menyaksikan Film Semesta.

Description: C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2020-01-30 at 21.40.58.jpeg
Sumber foto: https://www.instagram.com/p/B77cwWzA8dR/?igshid=13dqr0k9q9jn

”Ini problem solver dicampur spritualitas, dicampur molaritas, dan pemikiran kritis yang dikemas dalam berbagai keberagaman Indonesia. Ini film yang sangat penting, saya anjurkan untuk menonton film ini,” tambah beliau.

Tak hanya Nadiem Makarim, para penonton pun berkomentar tentang sensasi setelah menonton film semesta. “Film ini bukan cuma soal perubahan iklim tapi juga tentang keberagaman, tentang kebaikan yang universal, dan tidak mementingkan diri sendiri. Tentang merasa cukup dan menjadi bijaksana,” tulis akun @puty.

“Hati saya sesak sekali sepanjang menonton, #FilmSemesta sebenar-benarnya pengalaman spiritual. Semoga kita sadari bahwa kita adalah alam itu sendiri, tidak terpisah. Sembah sujud pada ibu bumi,” ujar @ichiyusri.

Film semesta sendiri adalah film yang mengangkat isu lingkungan di tanah air. Pada film ini terdapat tujuh sosok di belahan nusantara yang mengambil andil dalam perbaikan lingkungan dengan berlandasan agama, kepercayaan, dan budaya masing-masing daerah yang dikisahkan. Dipilihnya 7 sosok itu pun tidaklah sembarangan tetapi juga melauli riset. Ketujuh sosok itu adalah Tjokorda Raka Kerthyasa, Agustinus Pius Inan, Romo Marselus Hasan, Almina Kacili, Muhammad Yusuf, Iskandar Waworuntu, dan Soraya Casandra. Melalui sosok-sosok tersebut, kita dapat melihat bahwasanya keberagaman bukan halangan untuk mencapai suatu keberhasilan jikalau memiliki niat yang sama.

Sebelumnya, film ini pernah menjadi salah satu nominasi di Festival Film Indonesia pada tahun 2018 dan ikut terseleksi untuk diputar pada acara Suncine International Environmental Film Festival yang diadakan di Barcelona, Spanyol. Film ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat di Indonesia maupun dunia untuk ikut memperhatikan krisis ekologi baik dari hal kecil sekalipun. (ARN)

Sumber:

https://www.medcom.id/hiburan/film/JKRV6eQK-film-semesta-bentuk-kekhawatiran-nicholas-saputra-pada-krisis-ekologi

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Semesta_(film)

https://www.kompas.com/hype/read/2020/01/30/085024066/sinopsis-film-dokumenter-semesta-kisah-7-pegiat-lingkungan-di-indonesia