Sumber gambar : https://www.suara.com/yoursay/2019/12/27/163340/keunggulan-ibu-kota-baru-nagara-rimba-nusa

Perpindahan Ibu kota sudah dapat dipastikan dengan disahkannya Kalimantan Timur sebagai Ibu kota baru yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai KartanegaraKalimantan Timur. Alasan dibalik terpilihnya Kalimantan sebagai Ibu Kota baru atau yang sekarang disebut IKN (Ibu Kota Negara) karena kecilnya risiko bencana alam di wilayah itu di wilayah tersebut. Kemudian Presiden Jokowi pada tanggal 23 Desember 2019 telah dipilih pemenang sayembara untuk design Ibu kota dengan memenuhi kriteria yang diberikan Kementrian PUPR sebagai berikut :

  1. Mencerminkan identitas bangsa;
  2. Menjamin keberlanjutan lingkungan, sosial, dan ekonomi; dan
  3. Mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional.

Pemenang pada sayembara tersebut adalah Nagara Rimba Nusa, Jokowi bermimpi Ibu Kota mempunyai fasilitas pendidikan yang mumpuni, tempat dimana masyarakat dapat memiliki kualitas hidup yang tinggi. Melihat hal tersebut Harapan juga disampaikan oleh sebagian mahasiswa UP seperti, “Harapan untuk ibu kota baru sih ingin seperti ibukota negara lain lah gak macet dan enak”. Namun hal lain diungkapkan oleh Jihan (19 thn) “saya harap ibu kota baru lebih baik tidak banyak problematika kedepannya dan pemerintah tidak egois dalam menggunakan Kalimantan seperti membabat hutan dan tetap menjaga agar Kalimantan tetap lestari”.

Hal lain yang perlu disorot adalah pemindahan para ASN (Aparatur Sipil Negara) menuju Ibu Kota baru, yang dimana banyak para ASN yang keberatan dengan hal tersebut namun Pak Jokowi sudah punya strategi dimana hanya usia muda yang dipindahkan atau  semua yang dipindahkan untuk hal tersebut masih diatur ulang agar pemindahan lancar dan pemindahan dan membutuhkan biaya yang besar. Hal tersebut ditanggapi oleh Hafiz (19 thn) “Ya, namanya juga ASN ya harus mengikuti negara dong masa mau enaknya aja”. Untuk pemindahan ibu kota tersebut masih akan dimulai pada tahun 2024 dengan cara bertahap. Untuk menggapai hal tersebut perlu koordinasi pihak kementrian terkait untuk masalah pemindahan.

(RR)

https://id.wikipedia.org/wiki/Nagara_Rimba_Nusa

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200125132403-4-132721/dua-skenario-pemindahan-pns-di-ibu-kota-baru-paksaan-jokowi/2

https://kumparan.com/kumparanbisnis/melihat-desain-ibu-kota-baru-indonesia-di-kalimantan-1rhtVKwQLRP

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191107011731-20-446209/khayalan-jokowi-tentang-ibu-kota-baru-di-kalimantan-timur