Jangan Salah Mengartikan Millenial dengan Gen Z

Sumber gambar: https://tesbakatindonesia.com/mendidik-anak-generasi-z/

Seperti yang saat ini kita alami, kita berada pada masa tanpa ada batasan. Dunia millenium berakhir dan muncullah Gen Z. Kita bebas mengeluarkan ekspresi, bebas beropini dengan gaya terkini, atau sekedar selfie untuk di unggah di IG-Story.  Namun, mari koreksi diri kita pribadi dalam menyikapi arus zaman ini. Apakah kita telah memproporsi diri untuk kegiatan yang bermanfaat? Ataukah lebih meladeni dampak negatif yang ada? Sebagai pemuda pemegang asas pancasila, seharusnya tahu bagaimana tingkah laku dalam memforsir diri.

Menurut Badan Statistika Kanada, menyebutkan bahwa Gen Z di awali pada tahun 1993. Sedangkan menurut riset McCrindle Centre di Australia, Gen Z mulai lahir di tahun 1995. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa berdasarkan data yang ada, generasi telah berumur 25-27 tahun. Secara biologis, generasi pertama dari Gen Z sudah mencapai tahap produktif dalam hidupnya.

Jika dilihat dari perkembangan Gen Z adalah generasi paling awal yang menikmati internet karena mereka dari lahir telah diundang untuk menikmati luasnya mengakses informasi dan terlibat di dalam dunia maya tersebut. Berbeda dengan generasi sebelumnya yakni Gen Y atau Generasi Millenial yang setengah-setangah mengalami perkembangan teknologi. Generasi Milenial adalah mereka yang hidup di tahun 1980-an sampai awal 1990-an. Masa yang berarti perubahan sistem informasi  dan komunikasi kaku ke sistem yang lebih luas. Ditilik dari data KEMINFO 2013, 63 Juta penduduk Indonesia adalah pengguna internet dengan 95% di antaranya mengakses jejaring sosial dan merupakan pengguna terbanyak media sosial twitter. Di tahun 2017 angka tersebut naik sangat tajam, sekitar 137 Juta penduduk Indonesia adalah pengguna internet dengan setengahnya adalah kecenderungan pengguna media sosial. Menurut rata-rata peningkatan tiap tahunnya setidaknya pengguna internet di Indonesia meningkat 30-50% tiap tahunnya.

1. Memiliki pemikiran yang lebih terbuka

Sudah hal pasti Gen Z adalah generasi paling mengerti perubahan atmosfir dan pola-pola perkembangan dunia karena akses yang dimiliki jauh lebih luas. Kemahiran dalam menyelami dunia dengan informasi-informasi yang diberikan, membuat pemikiran dari Gen Z ini menjadi lebih luas. Mereka tidak lagi berpikir bahwa dunia ini sempit, kaku, dan monoton. Mereka memiliki kreatifitas dan bahkan kecenderungan mudah bosan dengan suatu hal. Mencoba adalah hal yang lummrah untuk generasi ini.

Jika dibandingkan generasi sebelumnya yang sangat lambat menerima mengikuti gejolak informasi, Gen Z lebih cepat dalam merespon kondisi sosial yang ada dan menjadi generasi yang paling peduli dengan perubahan sosial.

2. Akses informasi yang instan

Karena dari lahir mereka sudah disuguhkan sistem informasi yang membaik, Gen Z adalah tipe generasi paling malas dan paling instan dalam memilih bagaimana mendapatkan informasi. Malas bukan berarti selalu buruk. Namun terkadang sifat kemalasan inilah yang menjadikan pemikiran yang lebih solutif dan terkesa tidak kolot dibandingkan dengan generasi lain. Rata-rata Gen Z menghabiskan 2-3 jam hanya untuk mengecek Smartphone atau tablet mereka. Mereka lebih memilih media sosial dibandingkan dengan berita di televisi sehingga banyak dari Gen Z yang terjerumus dalam hoax. Namun tidak selalu Gen Z yang lebih bodoh dalam mengolah sistem informasi karena mereka jauh lebih canggih dalam mengakses atau mengonfirmasi kebenaran berita.

3. Perilaku belanja dan pemilihan produk Gen Z

Dalam memilih produk dari busana sampai makanan, Gen Z memiliki kecenderungan yang mudah bosan dengan model yang monoton. Pelaku pasar yang menawarkan produk yang masih terpaku dengan generassi milenial sering kali bangkrut karena menjual dengan tipe seragam para distributor. (AE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: