Sidang Kongres Mahasiswa Terpaksa Ditunda

Perisai UP, Jakarta – Kongres lanjutan pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Pertamina (BEM UP) pada Selasa, 15 Januari 2020 terpaksa ditunda. Kegiatan yang awalnya akan dilaksanakan pada pukul 17.30 WIB di Griya Legita 2101-2103 tersebut beralih fungsi menjadi sosialisasi dari Badan Pembentukan (Bapem) BEM UP serta tim kemahasiswaan kepada delegasi atau perwakilan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Pertamina, dan tanpa adanya pembukaan sidang serta skorsing lebih lanjut oleh pimpinan sidang.

Alasan akan dilakukannya sosialisasi ialah sebagai lanjutan dari persyaratan yaitu surat pernyataan komitmen yang ditandatangani oleh Ketua dan Pembina setiap HMPS. Persyaratan tersebut berangkat dari tidak konsistennya kehadiran delegasi HMPS pada sidang-sidang kongres sebelumnya. “Syarat tersebut merupakan perintah langsung dari pihak kemahasiswaan yang melihat ketidakseriusan HMPS dalam pembentukan BEM UP,” ujar Gian Muharram, selaku Ketua BAPEM BEM UP. Gian menuturkan pula bahwa kongres dapat dilanjutkan apabila persyaratan tersebut telah dipenuhi oleh setiap HMPS.

Berbeda dengan Gian, Teuku Muhammad Roffi atau biasa dipanggil Pak Roffi, Manajer Pengembangan Bakat dan Organisasi Kemahasiswaan mengutarakan hal yang lain. Alih-Alih menyosialisasikan persyaratan, beliau malah melakukan ‘pencerahan’ kepada peserta sidang di ruangan, yang berisi pendapatnya tentang salah satu pasal mengenai persyaratan ketua dan wakil BEM UP, bahwa BEM yang nanti terbentuk harus sesuai dengan cita-cita universitas.

Kepastian apakah akan dilanjutkannya kongres pun belum dapat diketahui, karena setiap HMPS wajib mengumpulkan syarat tersebut pada Kamis, 16 Januari 2020. Apabila persyaratan tersebut tidak terpenuhi maka kongres akan terus ditunda dan berakibat molor-nya waktu BEM UP terbentuk. (ATE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Website Built with WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: