Jakarta, Perisai UP — Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi 2016 segera mengadakan sebuah pertunjukan teater musikal yang diangkat dari sebuah film romantis, Galih & Ratna. Galih dan Ratna sendiri merupakan sebuah cerita romansa SMA yang akan disajikan ulang pada teater musikal ini.

Poster Teater Galih dan Ratna

Thesalonika Lefanya (21), mahasiswi Ilmu Komunikasi 2016 selaku director dari teater ini mengatakan bahwa teater Galih dan Ratna diadakan sebagai tugas akhir mata kuliah Management Kegiatan dalam Prodi Ilmu Komunikasi UP. Ia dan tim membuat ulang kisah ‘’Galih & Ratna’’ karena cerita tersebut merupakan kisah cinta di SMA yang sulit untuk dilupakan dan akan mengingatkan orang-orang untuk bernostalgia pada masa putih abu-abu, khususnya untuk angkatan 2018 yang masih baru menyelesaikan masa SMA. Teater ini disiapkan dengan waktu yang sebentar yaitu satu bulan dan tim project ini berharap agar hasilnya dapat memuaskan seluruh penonton.

Hanna Patricia (20), mahasiswi Ilmu Komunikasi 2016 selaku ketua penyelenggara mengungkapkan alasannya memilih Teater Musikal Galih dan Ratna. “Kita berpikir bahwa sesuatu yang teatrikal tapi tidak biasa dan juga tidak asing. Lalu langsung terbesit Galih dan Ratna,” tambahnya. Patricia juga memilih tema ini karena menurutnya banyak yang mengenal Galih dan Ratna namun tidak mengetahui jelas cerita di dalamnya.

Pencarian peran dari drama musikal ini diadakan selama dua hari. “Respon peserta semua bagus dan antusisas, dilihat dari banyak yang mengikuti casting kemarin,” ujar Patricia. “Teater ini bertujuan untuk wadah ekspresi dari mahasiswa UP yang berpengalaman dalam dunia seni peran dan memiliki potensi selain di UKM’’, ujar Thesa.

Respon Peserta

Anisya Indran (18), mahasiswi Ilmu Komunikasi 2018 selaku peserta yang mengikuti casting dalam teater ini mengatakan “Sangat tertarik akan diadakannya acara seperti ini, sebab juga berpengalaman mengikuti teater dan lomba teater”, jelas Anisya. Begitu juga dengan Dhea, Teknik Elektro 2016 menambahkan bahwa ia belum pernah mengikuti teater drama musikal sebelumnya, karena sebelumnya hanya mengikuti teater biasa. Dhea dan Anisya mengetahui perihal akan diadakannya teater ini dari informasi teman mereka dan langsung mengecek akun Instagram resmi teater ini.

Perasaaan Dhea dan Ica setelah mengikuti seleksi casting dari teater ini awalnya gugup, akan tetapi mereka menganggap ini adalah sesuatu hal yang seru. Mereka pun berharap agar teater ini banyak yang menonton serta dapat saling mendukung kegiatan di masing-masing Prodi di Universitas Pertamina sendiri.

Teater Musikal Galih dan Ratna dalam waktu dekat akan diadakan pada bulan April 2019. Untuk informasi lebih lanjut dapat langsung mengecek akun resmi dari teater ini di instagram @teatergalihratna. (SS/C..)