Jakarta, Perisai UP – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Inovasi Energi Universitas Pertamina mengadakan diskusi energi dengan topik ketahanan energi yang berlangsung di Kantin Universitas Pertamina pada jumat (15/3) kemarin. Hasil dari diskusi tersebut adalah artikel yang akan dimuat di akun media UKM Inovasi Energi.

Alfy Ifthikhar, Ketua UKM Inovasi Energi, mengatakan tujuan diadakan diskusi energi ini adalah meningkatkan kesadaran mengenai energi di tempat umum. Pemilihan lokasi di kantin juga memiliki alasan tersendiri. “Target kita adalah orang-orang yang ada di kantin. Kami tidak ingin eksklusif seperti mayoritas UKM lain yang mengadakan diskusi di ruangan, tetapi kami ingin inklusif dalam membahas energi,” ucap mahasiswa Manajemen angkatan 2016 tersebut.

Senada dengan Alfy, Yudho Dwiandanu Berkah, Ketua Kajian Ahli Strategis Inovasi Energi, mengatakan diskusi ini diharapkan dapat membawa suasana yang familiar ketika membicarakan energi di lingkungan Universitas Pertamina. “Diskusi dipilih karena suasana yang santai, tidak membosankan seperti seminar. Lalu dapat memacu kreativitas mahasiswa dan komunikasi yang dilakukan dua arah,” tutur mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2016 itu ketika ditanya pemilihan konsep acara.

Lebih jauh, Yudho menjelaskan program kerja UKM Inovasi Energi dalam 6 minggu kedepan antara lain diskusi “Renewable Energy of Education”, Talk Show & Workshop, dan Jalan-jalan Energi. Terdekat, diskusi “Renewable Energy of Education” akan diadakan di Thumbs Up, Universitas Pertamina, pada Jumat, 29 Maret 2019.

Kemudian dilanjutkan Talk Show dan Workshop pada 5 April 2019 yang akan mengundang para ahli dan akademisi yang akan membahas satu topik untuk memperkaya ilmu mengenai energi bagi peserta yang hadir. Jalan-jalan Energi akan diadakan khusus bagi anggota untuk mengetahui kondisi lapangan mengenai energi.

Alfy menambahkan UKM Inovasi Energi memiliki program unggulan, yaitu Proyek Energi. Hasil dari Proyek Energi ini adalah presentasi mengenai diskusi yang telah dilakukan mahasiswa. Diproyeksikan UKM Inovasi Energi akan mempresentasikan hasil tersebut saat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pertamina 2019. Alfy mengharapkan dapat mencapai kerjasama tiga pihak, antara mahasiswa, Dosen Pembimbing, serta Investor.  (LW)