Jakarta, Perisai UP — Rektorat Universitas Pertamina membantu Badan Pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Pertamina (BAPEMBEM UP). BAPEMBEM bertugas untuk membangun BEM di Universitas Pertamina dengan bimbingan melalui Direktorat Kemahasiswaan. Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Rangga Adiprima Sudisman, Direktur Kemahasiswaan pada hari Selasa yang lalu (5/3).

“BAPEMBEM bukan merupakan institusi resmi, jadi perlu ada pendamping agar mendapat pengakuan dari mahasiswa dan legalitas dari universitas,” ungkap Rangga pada kesempatan wawancara oleh awak media Perisai UP (5/3).

Rangga menambahkan bahwa pihaknya membantu dalam menjalankan prosedur pembuatan organisasi kemahasiswaan agar memperoleh legalisasi dari universitas dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Rektor. Lebih jauh dari itu, Direktorat Kemahasiswaan tidak ikut campur dalam perumusan aturan selama tidak bertentangan dengan aturan Universitas. Secara teknis, pembuatan aturan diserahkan langsung kepada BAPEMBEM. Pengarahan akan diberikan jika BAPEMBEM mengajukan pertanyaan kepada Direktorat Kemahasiswaan mengenai hal terkait dan jika hal-hal yang dilakukan oleh BAPEMBEM dirasa bertentangan dengan aturan Universitas.

Rangga berpendapat tugas BEM nantinya tergantung oleh keputusan mahasiswa. Ada dua tugas utama di dalamnya, antara lain menjadikan BEM sebagai jembatan antara mahasiswa dengan pihak rektorat dan sebagai pelaksana kegiatan kemahasiswaan yang sifatnya terpusat.

Rektorat menginginkan BEM muncul atas dasar kebutuhan mahasiswa. Atas dasar itu, pihak Rektorat tidak menuntut mahasiswa, melainkan menunggu inisiatif mahasiswa. Rektor dan Wakil Rektor mengetahui wacana pembentukan ini. “Mereka sering bertanya bagaimana perkembangan dan kesiapan mahasiswa dalam membentuk BEM,” ungkap Rangga.

Respon Mahasiswa

Lazio Pakpahan (19), mahasiswa Teknik Sipil 2017 yang tidak aktif dalam organisasi UKM di Universitas Pertamina, mengaku belum mengerti kinerja dan tugas dari BAPEMBEM. Zio hanya mengetahui informasi mengenai BAPEMBEM UP dari media sosial Instagram dan grup Line.  Dari adanya BAPEMBEM saat ini, ada beberapa tanggapan dari mahasiswa UP, salah satunya adalah Liza Tunnazroh (19). Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2017 yang aktif berorganisasi dalam UKM di Universitas Pertamina, berpendapat bahwa BAPEMBEM UP merupakan wadah pembentukan BEM kedepannya. “setiap mahasiswa memiliki hak penuh untuk berpartisipasi di dalam BAPEMBEM,” jelas Liza ketika ditanya peluang mahasiswa untuk berpartisipasi di BEM.

BAPEMBEM – UP

Dikutip dari Instagram @bapembem_up, BAPEMBEM UP bertugas untuk membuat aturan dasar dan aturan rumah tangga AD-ART, melakukan sosialisasi kepada mahasiswa UP, dan menampung aspirasi mahasiswa dalam proses pembentukan ini.

Diketuai oleh Gian Muharram Sukma Putra, Teknik Geologi 2016, BAPEMBEM UP lahir dari inisiasi ketua Himpunan yang membahas perlunya organisasi terpusat untuk menyambungkan mahasiswa dengan Rektorat Universitas Pertamina secara tepat dan efektif. “Kami kumpul perdana pada 18 Oktober 2018. Setelah itu kami mendapat kepengurusan anggota tetap dan menyelesaikan aturan dasar pada 29 November 2018, “ujar Gian.Gian menyampaikan bahwa BAPEMBEM UP terbuka bagi teman-teman yang ingin bertanya maupun berdiskusi dengan Bapembem UP. “Silahkan kirim pesan ke @Bapembem_up atau email bapembemuniversitaspertamina@gmail.com, “tutupnya.  (LW/MNS/VT)