Perisai UP, Jakarta— Himpunan Mahasiswa Manajemen menyelenggarakan acara rutin yaitu Speed UP 4.0 x Gutten Inc pada Rabu (21/11). Berbeda dengan acara-acara sebelumnya kali ini Speed UP 4.0 mengusung tema Digitalpreneur: Marketing For Post-Millenial. Speed UP 4.0 ini menghadirkan Muhammad Ramadhan, pendiri brand baju lokal bernama Gutten Inc.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan oleh Kaprodi Manajemen, Arif Mukti PhD dan Ketua Pelaksana Speed UP 4.0 x Gutten Inc, Raihan Mufid. Acara yang diselenggarakan di Auditorium Universitas Pertamina ini tak hanya dihadiri mahasiswa Manajemen, namun juga dihadiri oleh mahasiswa program studi lainnya baik dari rumpun sosial maupun saintek.

“Awalnya kaget saat dikabari yang mendaftar (sebagai peserta seminar) lebih dari 200 orang, sempat berpikir bagaimana tempat duduk peserta, tapi akhirnya pada hari H bisa cukup juga,” ungkap Mufid. Ia juga mengatakan bahwa acara yang baru dipersiapkan mulai Awal November ini hanya menargetkan 150 pendaftar, namun antusiasme mahasiswa UP sangat besar membuat pendaftaran acara ini ditutup pada H-1 karena telah melebihi kuota.

Gutten Inc didirikan saat Muhammad Ramadhan (Madan) berkuliah di Universitas Hassanudin semester 4 tepatnya pada tahun 2011. “Dari saya SMA saya punya cita-cita untuk punya Dream Car dan hal itu membuat saya ingin jadi pengusaha untuk mewujudkan cita-cita saya” jelas Madan. Awalnya, ia hanya iseng-iseng dalam membuat brand ini. Madan mengaku bahwa dirinya merupakan pengamat fashion. Salah satu yang ia sukai yaitu Sepatu Boots. Namun karena harganya mahal, ia berpikir untuk membuat produk Sepatu Boots bagus dan juga dibuat dari produk lokal. Sejak saat itu lahirlah Gutten Inc.

“Awalnya Gutten Inc hanya menjual sepatu dan dompet kulit. Namun ketika generasi z mulai menjamur, sneakers semakin booming dan membuat kita beradaptasi lalu membuat Apparel,” ujar Madan. Ia menambahkan bahwa bulan depan Gutten Inc akan berkolaborasi dengan produk Marvel, NASA dan lain-lain dalam mengembangkan sneakersnya.

Salah satu strategi dalam mengembangkan bisnis ini yaitu melalui konten Instagram. Madan menambahkan semakin banyak komentar dan likes dalam sebuah post maka semakin dilihat produk yang mereka post. Selain itu, Gutten Inc juga mengadakan berbagai promosi khususnya pada momen-momen tertentu. “Saat high season, saat lebaran atau tahun baru, kami akan berikan promo, lalu kami juga bekerja sama dengan marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lain-lain,” ujar pria berumur 27 tahun ini.

Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari Ketua Pelaksana, Raihan Mufid, serta pemberian sertifikat dari Kaprodi Manajemen, Arif Mukti P.hd kepada sang pendiri Gutten Inc, Muhammad Ramadhan. (IS)

Founder Gutten Inc Hadiri Speed UP