Perisai UP, Jakarta—Indonesia adalah salah satu negara penghasil timah terbaik ke 4 di dunia, salah satunya di daerah Pulau Singkep. Pulau Singkep merupakan salah satu pulau di Kepulauan Lingga dengan luas 757 km2  memiliki berbagai kekayaan alam. Dapat dikatakan miniatur potensial Indonesia ada disini. Penambangan timah di Pulau Singkep dimulai pada tahun 1812-1992. Berbagai perusahaan tambang silih berganti mengelola daerah ini hingga sampai pada masa harga timah yang awalnya 16 ribu dolar turun hingga 8 ribu dolar, sehingga para pengusaha meninggalkan daerah ini dan mengakibatkan daerah yang awalnya maju menjadi kurang diperhatikan. Penyakit malaria mulai menggerogoti warga karena kolong bekas tambang tersebut menyebabkan sarang nyamuk sehingga warga berpindah dari pulau ini.

regional kompas

Pulau Singkep tidak hanya memiliki kekayaan alam berupa timah saja namun kekayaan alam yang ada Indonesia umumnya juga dimiliki oleh pulau kecil ini seperti destinasi mendaki gunung. Pulau Singkep memiliki Gunung Daik yang memiliki sensasi tersendiri untuk di daki. Kekayaan bahari di pulau ini juga tidak kalah indahnya dengan yang lain, disana terdapat terumbu karang terbaik di Kepulauan Riau tepatnya di daerah Senayang. Hamparan pasir putih di Pantai Indah Sergang, Batu Berdaun dan Pantai Todak, suasana deburan Air Terjun Batu Ampar dan Air Terjun Bedegam serta pemandian air panas (air belerang) yang dapat menyembuhkan berbagi penyakit menambah kekayaan daerah mungil ini.  Di samping kekayaan wisata alam yang luar biasa, Kabupaten Lingga dan Pulau Singkep memiliki kekayaan alam yang mahal, sebut saja Emas, Timah, Bauksit, Bijih besi dan Pasir Kuarsa terbaik ada di Kabupaten Lingga.

Meskipun memiliki berbagi kekayaan alam, Pulau Singkep nyaris menjadi daerah yang terbelakang. Hal ini dikarenakan masyarakat yang awalnya ‘dimanjakan’ oleh timah, tiba-tiba harus kehilangan hal tersebut. Ditambah lagi dengan kurangnya perhatian pemerintah dalam pengelolaan daerah ini, pemerintah hanya terpaku pada kekayaan timahnya saja sedangkan di balik itu daerah ini memiliki berbagai potensi lain yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan untuk perkembangan negeri ini. (WN)

sumber: Kemendikbud.go.id/pulau-singkep