Perisai UP, Jakarta —- Perhelatan akbar Asian Games 2018 rasanya masih membekas dihati rakyat Indonesia. Pada Asian Games tahun ini, Indonesia mampu meraih posisi ke-4 berada di belakang Korea Selatan dengan perolehan 98 medali. Cabang olahraga Pencak Silat menjadi penyumbang medali emas terbanyak. Selain itu, cabang olahraga bulutangkis adalah yang paling dinanti para penonton Asian Games. Siapa yang tidak mengenal sosok Anthony Sinisuka Ginting. Pebulutangkis ini mampu menyedot perhatian warganet setelah perjuangannya melawan Shi Yuqi. Perjuangannya untuk bertahan terlihat pada permainannya di Semi Final Asian Games 2018 meskipun mengalami cidera. Kala itu Ginting hanya mampu raih mendali perunggu.

ginting
Ginting pada China Open 2018

Ginting bahkan pernah disudutkan oleh warganet dengan cibiran yang membangkitkan respon emosional atau biasa disebut dengan trolling. Trolling tidak bisa dianggap remeh karena akan meruntuhkan rasa percaya diri korban hingga berujung bunuh diri. Namun, Ginting mampu membuktikan bahwa dirinya tidak terpengaruh akan itu. Pembuktiannya untuk Indonesia diwakilkan atas kemenangannya di China Open 2018 dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang keluar sebagai juara. Dalam pertandingannya, Ginting mampu menyingkirkan 4 juara dunia sekaligus. Di babak pertama mengalahkan Lin Dan dari China juara dunia di tahun 2006, 2007, 2009, 2011, 2013. Di babak 16 besar Viktor Axelsen dari Denmark juara dunia 2017. Di babak perempat final Chen Long dari China juara dunia 2014, 2015. Hingga Kento Momota dari Jepang merupakan juara dunia 2018 dikalahkan di babak final.

Cerita sukses Ginting tidak datang begitu saja. Tentunya tekad dan kemauan keraslah yang mengantarkannya ke puncak tertinggi kejayaan. Ginting telah memulai kerja kerasnya sejak duduk di bangku SD. Kala itu Ginting berhasil meraih gelar juara tunggal putra di MILO Competition School 2008. Di tahun 2012 pada kejuaraan yang sama Ginting keluar sebagai juara pertama ganda putra. Ditahun-tahun selanjutnya, Ginting mulai aktif di kejuaraan senior seperti Indonesia Open Grand Prix Gold, Vietnam International Challenge, hingga BWF World Junior Championships. (AE)

sumber:

ginting-china-open ginting-china-open-2018 ginting-menang-lagiginting.tribunnews