Serial film Amerika Serikat yang berjudul “The Good Doctor” ini merupakan film seri remake dari drama Korea dengan judul sama yang tayang pada tahun 2013. Daniel Kim, sang sutradara, menciptakan jalan cerita yang sedikit berbeda dengan film aslinya yang berasal dari Korea tersebut. Menggunakan aktor terkenal bernama Freddie Highmore (pemeran Charlie, “Charlie and The Chocolate Factory”), berperan sebagai dr. Shaun Murphy yang menderita autisme dan Savant Syndrome, yang berusaha “membalaskan dendam” masa kecilnya yang kelam dengan menjadi seorang dokter bedah disalah satu rumah sakit tersohor.

doctor
The Good Doctor (2017)

dr. Shaun Murphy merupakan dokter bedah pediatric, yang berasal dari kota kecil yang sedari kecil diasuh oleh seorang dokter bernama dr. Aaron Glassman. Perlakuan kasar yang diterima Murphy kecil akibat orang tua yang tidak menerima kondisi Murphy membuatnya kabur dari rumah bersama sang kakak yang sangat menyayanginya. Namun, saat sedang bermain dengan sang kakak, terjadi kecelakaan hingga membuat kakak Murphy meninggal. Sejak saat itu, Murphy kecil dirawat oleh dr. Glassman.

Film ini menyuguhkan banyak adegan yang memiliki pesan moral yang dalam, dan terlihat banyak adegan sang dokter autis ini menyelamatkan nyawa manusia. Meskipun banyak orang yang sebelumnya meragukan kualitas pekerjaan dari dr. Shaun Murphy, ia membuktikan bahwa autisme sekalipun tidak dapat menghentikan kita untuk berbuat baik. (AF)