Perisai UP, Jakarta — Film Crazy Rich Asian ini bergenre komedi romantis yang sangat cocok untuk menghabiskan weekend. Film yang diangkat dari novel laris karya Kevin Kwan, mengisahkan pertemuan profesor ekonomi asal Amerika keturunan Tionghoa dengan keluarga pacarnya yang kaya di Singapura.

Crazy_Rich_Asians_poster

Rachel Chu (Constance Wu) adalah sosok yang pintar, cerdik, rendah hati, dan kadang kala tidak pede sehingga dalam film tersebut penonton terbawa suasana dan berempati terhadap karakter Rachel. Hidupnya bahagia di New York bersama Nick Young (Henry Golding), seorang profesor didikan Oxford yang bertampang tampan namun orang-orang di sekitarnya mudah mengabaikan perilakunya yang konyol. Nick membawa Rachel ke kampung halamannya di Singapura untuk menghadiri pernikahan sahabatnya, tanpa memberitahu bahwa keluarga dan teman-temannya yang sangat kaya. Bahkan, keluarga Nick bisa menghabiskan ribuan dollar untuk sebuah gaun atau membeli gedung tanpa pikir panjang.

Akting kedua aktor ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Constance Wu yang berperan sebagai Rachel Chu membawakan tokoh ini dengan begitu apik. Henry Golding yang berperan sebagai si tampan Nick Young terlihat profesional meskipun ini adalah kesempatan pertamanya bermain peran pada sebuah film. Sebelumnya, Nick merupakan presenter salah satu program travel di layar televisi Amerika Serikat.

Sahabat pemeran utama biasanya selalu diabaikan pada setiap film, namun Awkwafina yang memerankan sebagai Peik Lin, sahabat Rachel Chu dapat bermain maksimal di setiap adegan sehingga penonton tidak mengabaikannya.

Konflik dimulai saat Rachel Chu bertemu Eleanor Young, ibu  Nick Young yang tidak menyetujui hubungan keduanya. Michelle Yeoh yang berperan menjadi  Eleanor Young menampilkan karakter yang elegan namun secara halus berupaya menjauhkan si perempuan Amerika dari putranya sehingga sang anak bisa mengurus bisnis keluarga.

Tidak ada kelemahan dari para pemeran kerabat Nick Young, mereka membawakan peran masing masing dengan sangat baik. Akting Gemma Chan membawa tokoh Astrid dengan baik, namun film itu tidak menggambarkan mengapa Gemma bisa menjadi sepupu favorit Nick. Dan saat Gemma beradu pandang dengan seorang pria pada acara pernikahan dalam akhir film yang bisa saja menjadi awal dari sekuel film selanjutnya, hanya pembaca versi novel Crazy Rich Asian yang mengetahui identitas Gemma.

Film ini merupakan pilihan yang bagus untuk menghabiskan weekend bersama teman teman. Selamat menonton! (AM)