Perisai UP, Jakarta —- “Apapun yang telah terinput ke dunia maya bisa saja terekam oleh pihak lain.” Pernyataan tersebut ada benarnya, buktinya pada 20/9 yang lalu Google mengizinkan pengembang maupun pihak ketiga mengakses data pengguna Gmail. Data yang disebarkan kepada pihak ketiga dapat digunakan untuk keperluan masing – masing pihak, seperti keperluan iklan.

180425125604-new-gmail-features-video-card-1024x576
Gmail Share Data. Gambar oleh: CNN

Susan Molinari, VP of public policy and government affairs Google, menyatakan bahwa pembagian data kepada pihak ketiga dilakukan secara aman dan transparan kepada pengguna Gmail. Kini, sudah lebih dari 1,4 milyar akun telah terdaftar pada akun Gmail. Google juga tetap mengizinkan free will ‘kehendak bebas’ kepada pengguna agar memilih untuk menghapus aplikasi pihak ketiga atau membiarkannya saja.

Menanggapi maraknya peliputan mengenai Google serta isu – isu bersangkutan hal tersebut, maka Google akhirnya merilis akun blog yang berisikan Privasi dan Keamanan Gmail atau Gmail privacy and security. Pada blog tersebut menunjukkan bahwa pengguna layanan Gmail mempunyai akses penuh terhadap data mereka masing – masing. Bagi UPers yang mau mengamankan data bisa mengerti info lanjutannya pada blog tersebut. (AHP)  http://blog-gmail-privacy-klik-disini

lihat berita selengkapnya di CNN-berita-gmail-share-data