Perisai UP, Jakarta—Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) Mahandraga merayakan dies natalies pertamanya dengan melaksanakan tiga rangkaian acara yang dimulai pada 1 – 15 September 2018. Pertama, dilaksanakan seminar, ekskursi atau fieldtrip, dan diakhiri dengan kegiatan pengabdian masyarakat di Bekasi.

HMTG Mahandraga memulai rangkaian acaranya dengan mengadakan seminar dengan nama Geothite. Geothite merupakan kegiatan seminar dengan Tema ‘Geoscientist for Sustainable Development Goals 2030’. Tema ini diangkat agar para Geoscientist muda mengerti pentingnya keberadaan energi alternatif, potensi bencana, air tanah, dan pembangunan infrastruktur untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Acara ini bertempat di Griya Legita Universitas Pertamina. Pembicara yang hadir adalah Rahmat Triyono, S.T, Dipl.Seis, M.Sc (Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG), Dr. Hendra Gunawan (Kepala Balai Konservasi Air Tanah), dan Ir. Ricky Adi Wibowo, M.Sc., Ph.D ( Vice President Pertamina UTC) dan ditambah lagi dengan Ibnu Haykal ( Reporter Berita Satu)  sebagai moderator acara tersebut. 

Acara kedua bernama Zircon Trip, yaitu fiedtrip yang dilaksanakan di Pantai Sawarna. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dengan mengunjungi tiga lokasi, yakni Pantai Karang Taraje, Pantai Tanjung Layar, dan Goa Seribu.  Fieldtrip ini juga melakukan identifikasi proses hasil sedimentasi pada umur Paleogen yang dilakukan di formasi bayah. Hadir pula Yan Bachtiar Muslih, S.T (Universitas Pertamina), Abdurrokhim, S.T, MT.,Ph.D (Universitas Padjajaran) , dan Prof. Dr.Ir. Ildrem Syafii, Dea yang memberikan informasi tentang formasi bayah.

Rangkaian acara ditutup dengan pengabdian masyarakat dengan kegiatan Muscovite. HMTG Mahandraga melaksanakan berbagai kegiatan sosial seperti  melakukan mitigasi bencana yang dilakukan untuk anak-anak sekitar. Kegiatan ini bertempat di Kampung Bungin, Desa Pantai Bakti, Kecamatan Gembong, Kabupaten Bekasi.

Bagas Prymanbodo, Ketua Umum Dies Natalis HMTG Mahandraga 2018, menuturkan pemilihan tempat pengabdian masyarakat berlokasi di Pantai Muara Gembong, Bekasi, karena ingin melakukan penanaman bakau serta pemberian santunan kepada masyarakat lanjut usia dan anak yatim piatu.

Ketiga rangkaian acara diikuti oleh anggota HMTG Mahandraga angkatan 2016 dan 2017. Persiapan dilakukan selama 4 bulan sejak Bulan Mei 2018 dan September 2018 adalah puncak acara Dies Natalis tersebut.

Goal-nya (dari acara Dies Natalis) adalah memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, bermanfaat untuk masyarakat dan merayakan ulang tahun HMTG Mahandraga yang pertama”, ujar Bagas saat ditanya mengenai tujuan yang diharapkan dari rangkaian kegiatan yang sudah dijalankan. (LW)