Perisai UP, Jakarta — Setidaknya 14 ribu warga Afrika Selatan berkumpul di stadion Kriket Johannesburg untuk menyimak pidato Presiden Amerika ke-44, Barack Obama dalam peringatan hari kelahiran Nelson Mandela (Mandela Day) yang jatuh setiap tanggal 18 Juli.

obama

Obama dan Mandela adalah presiden kulit hitam pertama di masing-masing negaranya. Mandela, yang meninggal pada 2013, tetap menjadi ikon global untuk perjuangan bangsa kulit hitam dan rekonsiliasi setelah 27 tahun dipenjara.

Obama mengatakan dirinya adalah salah satu dari jutaan orang yang sangat terinspirasi dari kehidupan Nelson Mandela. “Mandela membuat saya ingin menjadi orang yang lebih baik dengan menjejaki semua perjuangannya,” ungkap Obama dalam pidatonya, dikutip dari AFP, Rabu (18/7).

Pidato Obama tentang Nelson Mandela membicarakan sejumlah hal diantaranya terkait kesetaraan rasial, diskriminasi yang masih ada di Afrika Selatan, kekuatan industri dan kapitalisme, serta harapan untuk dunia ke depan.

“Saya percaya visi Nelson Mandela adalah untuk masa depan dunia. Teruslah percaya, teruslah berbaris , teruslah membangun. Terus bangkitkan suara Anda. Setiap generasi memiliki kesempatan untuk menciptana kembali dunia,” kata Obama mengakhiri pidatonya. (AT)

referensi berita:

obama-pidato-mandeladay-1

obama-pidato-tentang-mandela

obama-pidato-mandela-day