worldcup1Perisai UP, Moskow—Final Piala Dunia 2018 dihelat pada Minggu, 15 Juli 2018 pukul 18.00 waktu setempat yang mempertemukan Perancis dengan Kroasia. Lutzniki Stadium, Moskow, menjadi saksi Perancis menaklukan Luka Modric dkk dengan skor 4-2.

Jalannya Pertandingan

Perancis bermain dengan jersey biru navy, sedangkan Kroasia dengan jersey khas kotak-kotaknya berwarna putih-merah. Kroasia mendominasi 61% penguasaan bola sepanjang pertandingan. Kick-off pun dibuka oleh Kroasia.

Gol dibuka menit 18 untuk keunggulan Perancis oleh bunuh diri dari Mario Mandzukic yang menyundul bola tetapi mengarah ke gawang, dan gagal di antisipasi oleh kiper Kroasia, Danijel Subasic. Kroasia merespon cepat keunggulan Perancis. Sepuluh menit berselang, Ivan Perisic mencatatkan namanya di papan skor melalui skema free-kick yang baik, buah kerjasama dari para pemain Kroasia, untuk membawa Kroasia imbang 1-1. Pertandingan menjadi seru kembali.

Tujuh menit jelang turun minum, Perancis menambah keunggulan melalui titik putih oleh Antione Griezmann. Penalti ini disahkan oleh wasit asal Argentina, Nestor Pitana, saat melihat ulasan VAR karena pemain Perancis memprotes keputusan wasit tidak mengindahkan handball Perisic. Babak pertama ditutup dengan skor 2-1.

Memasuki babak kedua, Kroasia tetap menguasai bola. Serangan demi serangan terus dilancarkan ke pertahanan Perancis, namun tidak dapat ditembus. Ketika asik menyerang, Kroasia dikejutkan oleh Perancis dengan serangan baliknya. Pada menit 59, Paul Pogba berhasil memperlebar keunggulan Perancis menjadi 3-1. Gol ini juga menjadi jawaban atas keraguan fans terhadap dirinya yang sepanjang gelaran Piala Dunia dinilai bermain kurang baik. Pogba pun menjadi pemain Manchester United pertama yang mencetak gol di partai final.

Perancis kembali menjauh dari Kroasia di menit 65. Gol diciptakan oleh Kylian Mbappe. Mbappe menjadi pemain termuda yang mencetak gol di partai puncak, dibawah legenda hidup Brazil, Pelle. Kroasia menipiskan keunggulan Perancis empat menit berselang. Mandzukic membalas kesalahannya di gol pertama untuk membawa Kroasia 2-4. Gol ini menjadi buah bibir karena kesalahan yang dilakukan oleh kapten Perancis, Hugo Lloris.

Pertandingan berakhir dengan skor 4-2. Antoine Griezmann dinobatkan sebagai Man of the  Match. Perancis menjadi kampiun Piala Dunia untuk kedua

worldcup2kalinya setelah 20 tahun lalu menjuarai untuk pertama kalinya. Didier Deschamps menjadi orang Perancis pertama dan ketiga di dunia yang dapat menjuarai Piala Dunia sebagai pelatih dan pemain.

 

Fifa World Cup 2018 Awards

worldcup3

Adidas Golden Ball Award jatuh kepada Luka Modric. Jendral lapangan tengah Kroasia berhasil membawa Kroasia sampai partai puncak untuk pertama kalinya. Modric pun tercatat tiga kali menjadi Man of the Match selama Piala Dunia bergulir. Adidas Golden Boot Award diterima oleh striker Inggris, Harry Kane. Kapten Tiga Singa ini berhasil mencetak 6 gol selama gelaran Piala Dunia, unggul dua gol dari pesaingnya, Romelu Lukaku, Antione Griezmann, Kylian Mbappe, dan Denis Cheryshev.

Thibaut Courtois menyabet Adidas Golden Glove Award. Total 27 saves berhasil diraih oleh kiper Chelsea ini, membuat Belgia berhasil duduk di peringkat tiga, hasil terbaik yang pernah diraih oleh Belgia. Kylian Mbappe dinobatkan sebagai FIFA Young Player karena performanya yang begitu baik sekaligus mengantarkan Perancis Juara di Piala Dunia pertamanya. Spanyol pulang dengan predikat tim paling Fair Flay.

Tetap semangat Kroasia, tim kejutan yang berhasil menjadi Finalis Piala Dunia 2018. Hal yang membanggakan mengingat edisi sebelumnya Kroasia gagal melaju ke babak gugur. Selamat untuk Perancis! Pemain muda yang begitu luar biasa dan permainan tim yang begitu menjanjikan. Selamat, Les Blues! (LW)

sumber pendukung berita

worldcup.fifa.com

awards.fifa.com