Stephen William Hawking lahir di Oxford pada 8 Januari 1942. Ayahnya, seorang peneliti biologi, pindah ke London bersama ibunya untuk menyelamatkan diri dari pengeboman Jerman. Hawking tumbuh besar di London dan Saint Albans. Dia mendapat gelar sarjana di bidang fisika dari Oxford. Kemudian, Hawking melanjutkan pendidikan ke Cambridge untuk melakukan penelitian pascasarjana dalam bidang kosmologi.

Saat usia 21 tahun, Hawking didiagnosis mengalami gejala Sklerosis Lateral Amiotrofik (ALS) yang membuatnya hampir lumpuh total. Ketika itu dia tengah mempersiapkan diri untuk menikahi istri pertamanya, Jane pada tahun 1964. Para dokter memvonis hidupnya tidak lebih dari dua atau tiga tahun. Namun penyakitnya berkembang lebih lambat dari yang diperkirakan.

hawkingMeskipun keadaannya cukup mengkhawatirkan, Hawking berhasil merilis buku pertamanya yang berjudul “A Brief History of Time”. Buku ini akhirnya menjadi sebuah panduan awam untuk kosmologi. Buku ini terjual lebih dari 10 juta eksemplar meskipun Ia sadar bahwa buku ini “buku paling populer yang tidak pernah dibaca”.

Dia terkenal sebagai salah satu orang terpintar dunia yang menyibak rahasia semesta. Pemikiran-pemikirannya itu tak lantas hilang bersama kematiannya. Semasa hidupnya dia sudah menghasilkan banyak karya dalam bentuk buku, film dan karya akademik lainnya.

Kondisi yang membuatnya mengidap tetraplegia (kelumpuhan) karena sklerosis lateral amiotrofik, tidak membuat motivasi hidupnya luntur. Karya ilmiahnya terus berlanjut selama lebih dari empat puluh tahun. Buku-buku dan penampilan publiknya menjadikan ia sebagai seorang selebritis akademik dan teoretikus fisika yang termasyhur di dunia.

Selama hidupnya, Stephen Hawking banyak menyumbangkan pemikirannya dalam bidang fisika kuantum. Terutama teori-teori mengenai kosmologi, teori lubang hitam, gravitasi kuantum dan radiasi Hawking. Di tahun 2010 Hawking bersama Leonard Mladinow menyusun buku The Grand Design. Stephen Hawking meninggal pada tanggal 14 Maret 2018. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di rumahnya di Cambridge, Inggris pada pagi hari. Stephen Hawking sangat berjasa dalam mengembangkan teori-teori dalam bidang fisika kuantum serta astrofisika. Ia menerima banyak penghargaan atas jasa-jasanya tersebut. (NF)

sumber pendukung:

biografi-hawking.org.uk

biografi-hawking-2.org.uk