Perisai UP, Jakarta—Satu lagi putra bangsa yang menorehkan prestasi di kancah internasional. Ya dialah Lalu Muhammad Zohri, pemuda yang baru saja genap 18 tahun ini membuktikan bahwa ia dapat mengharumkan nama Indonesia dengan kedua kakinya.

Zohri mencetak sejarah dengan menjadi juara dunia di nomor favorit cabang olahraga atletik, lari 100 meter putra dengan waktu 10.18 detik. Ia telah mencetak sejarah baru  di IAAF World U-20 Championships. Setelah 32 tahun sejak 1986, akhirnya pada Kamis (12/7) Zohri datang mencatatkan namanya sebagai pemenang di ajang bergengsi ini, yang sebelumnya Indonesia hanya puas menduduki tempat kedelapan.

Kemenangan Zohri pun tak terduga karena ia datang ke Finlandia awalnya hanya sebagai latihan jelang perhelatan Asian Games 2018 di Agustus mendatang. Target Zohri adalah menyabet medali emas saat Asian Games 2018 nantinya.

Dibalik kemenangan Zohri, ternyata terselip kisah menarik, yakni saat dinyatakan sebagai juara, perlu waktu beberapa saat bagi Zohri untuk mendapatkan bendera Indonesia. Ya hal ini disebabkan karena memang Zohri tak diharapkan menyabet juara pertama di ajang ini.

Diharapkan setelah kesuksesan Zohri menjadi angin segar bagi atlet-atlet muda Indonesia agar lebih bersemangat saat perhelatan Asian Games 2018 nantinya. Serta negri ini juga tak lupa dengan  prestasi yang dipersembahkan oleh putra-putri Indonesia. (MNS)

Sumber: http://www.tribunnews.com/sport/2018/07/12/pelatih-tak-menyangka-lalu-muhammad-zohri-raih-emas