Perisai UP, Jakarta — Indonesia menggelar Pilkada serentak yang diikuti oleh 171 daerah pada hari Rabu (27/06) yang lalu. Demi memeriahkan suasana Pilkada, tak sedikit Tempat Pemungutan Suara (TPS) mengusung tema-tema unik untuk menarik minat masyarakat agar datang ke TPS. Keunikan tersebut dapat dilihat dari adanya  TPS warna-warni hingga TPS horor yang dibuat untuk menyemarakkan Pilkada serentak 2018. Berikut beberapa TPS unik pada Pilkada serentak 2018.

Kampung Pilkada Warna-warni

tps2Kampung Pilkada yang terletak di Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok terlihat sangat meriah. Di TPS ini kita bisa melihat panitia penyelenggara mengenakan kemeja putih, celana bahan dengan luaran sarung lengkap dengan topi kurcaci beraneka warna.

Euforia Piala Dunia

tps3Semarak Piala Dunia 2018 tampak di TPS 06 Kebonsari, Jambangan, Jawa Timur. Hal ini terlihat dari banyaknya bendera negara peserta Piala Dunia berkibar di dalam TPS tersebut. Tak ketinggalan, para panitia pun mengenakan kostum dari negara kebanggaannya.

TPS Adat Jawa

tps4Pemandangan berbeda bisa kita lihat di TPS 03 Karangtalun, Cilacap dimana seluruh panitia mengenakan pakaian khas adat Jawa. Mereka mengenakan kain batik yang dipadu dengan kebaya bagi wanita serta beskap dan blangkon bagi panitia pria.

TPS Bertema Pewayangan

Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berbusana tokoh wayang Srikandi di Tempat Pemungutan suara (TPS) 19, Pondok Wage Indah, Aloha, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (9/12)TPS 09 Kelurahan Darmo, Wonokromo, Surabaya menyita perhatian. Sebab, panitia penyelenggara mengenakan kostum tokoh pewayangan seperti Semar, Gareng, Petruk, hingga Bagong. Acara pemilukada pun dibuka dengan tari-tarian daerah yang langsung dibawakan oleh para panitia.

TPS Horor

tps1TPS yang terletak di Kelurahan Randusari, Semarang Selatan ini mengusung tema yang sangat unik. Dibangun di tengah Tempat Pemakaman Umum (TPU), TPS ini pun mengusung tema yang menyeramkan. Panitia penyelenggara di TPS ini mengenakan kostum serba horor seperti pocong, vampir, dan lain sebagainya. Tak ketinggalan keranda mayat yang sengaja dipajang untuk membuat suasana TPS semakin unik dan mencekam. (AT)

 

referensi berita:

detik.com/tps1

idntimes.com/tps2

detik.com/tps3

akurat.co/tps4

aktual.com/tps5