Perisai UP, 14 Juni 2018 – Event akbar Piala Dunia 2018 yang diadakan empat tahun sekali kembali digelar. Kali ini, Rusia menjadi tuan rumah acara tersebut. Partai pembuka dihelat di Luzhniki Stadium, Moskow.

Pembukaan diawali dengan pembawaan trofi ‘Jules Rimet’ ke dalam lapangan oleh Iker Casillas, eks kapten Spanyol dan seorang model, Natalia Vodianova. Kemudian dilanjutkan penampilan penyanyi asal Inggris, Robbie Williams. Dia menyanyikan dua lagu sebelum berduet dengan Aida Garifullina, penyanyi opera Rusia dengan iring-iringan sejumlah penari yang mengenakan kostum bendera negara peserta Piala Dunia 2018.

Setelah itu, pembukaan secara simbolik dilakukan oleh legenda sepakbola Brazil, Ronaldo bersama 211 anak-anak dengan mengoper bola ke Zabivaka, maskot Piala Dunia edisi kali ini. Pembukaan resmi dibuka dengan pidato penutup oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, selaku tuan rumah dan Gianni Infantino, Presiden FIFA.

Partai Pembuka

Rusia menghadapi Arab Saudi pada pertandingan perdana yang digelar di Luzhniki Stadium, Moskow. Kick-off dibuka oleh Arab Saudi. Rusia tampil menekan dan menyerang sepanjang pertandingan, meski Arab Saudi menguasai bola 59%:41%.

Babak pertama berakhir 2-0 dengan keunggulan Rusia yang di cetak oleh Yuri Gazinskiy pada menit 12 dan pemain pengganti, Denis Cheryshey 2 menit jelang turun minum.

Di babak kedua, Rusia tidak mengendurkan serangan kepada Arab Saudi. Gaya permainan menekan didukung postur tubuh yang lebih besar membuat Rusia menambah keunggulan pada menit 71 menjadi 3-0. Gol dicetak oleh Artem Dzyuba melalui sundulan kepala.

Arab Saudi bukan tanpa serangan. Namun pertahanan yang kokoh milik Rusia dan pressing terus-menerus membuat pemain Arab Saudi kesulitan mencetak gol. Beberapa kali umpan tarik gagal di maksimalkan dan tendangan pemain Arab Saudi juga melebar.

merlin_139562184_4494b832-2956-44e3-9026-b0840d724970-master768

Rusia membungkam kritik yang diterima oleh tim nya sebelum Piala Dunia bergulir, dengan menang besar 5-0. Dua gol tambahan dicetak pada menit 90 dan waktu tambahan. Denis Cheryshev mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya. Hal ini menjadikannya top skor sementara. Gol tendangan bebas oleh Aleksandr Golovin menutup laga untuk kemenangan Rusia dihadapan pendukungnya. (LW)

 

Sumber gambar: nytimes.com