Perisai UP, Jakarta — Ozon adalah molekul yang sangat reaktif dan terdiri dari tiga molekul oksigen yang letaknya 15 – 30 km di atas bumi atau di area stratosfer. Istilah ozon ini diciptakan oleh Charles Fabry pada 11 Juni 1913, seorang fisikawan Prancis. Lapisan ozon sangat erat kaitannya dengan pemanasan global yang menjadi topik pembicaraan internasional oleh berbagai kalangan baik PBB, lembaga internasional, maupun pertemuan negara – negara.maxresdefault

Tidak ada suatu  perayaan yang berarti disaat ada penemuan ozon melainkan menjadi titik awal untuk mengenali seberapa penting lapisan ozon yang terdapat pada atmosfer. Lapisan ozon sangat berpengaruh pada bumi karena bumi mampu melindungi bumi dari berbagai gangguan yang berasal dari luar angkasa, contohnya permukaan bumi yang terkena paparan dari radiasi sinar ultraviolet dari matahari yang menyebabkan kanker, katarak, kerusakan pada tanaman- tanaman dan bahan- bahan tertentu, dan juga berbagai bentuk kehidupan laut.

Lapisan ozon ini sangatlah penting dan jika semakin berkurang lapisan tersebut maka panas dari sinar ultraviolet akan mendekati permukaan bumi. Sianr ultarviolet jika terpapar langsung akan memiliki sifat racun yang dapat merusak paru- paru manusia yang menghirupnya dan kehidupan manusia.

Penipisan lapisan ozon terus mejadi topik yang didiskusikan karena pemanasan global mengancam pada bumi yang semakin tua dan semakin memburuk. Hal ini disebabkan oleh berbagai pencemaran lingkungan dari kegiatan sehari-hari manusia yang telah menyebabkan lapisan ozon menipis. Sebaga contohnya ialah, berlebihannya pada intensitas emisi dari penggunaan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor mengakibatkan menipisnya keberadaan lapisan ozon di bumi.

Proses penipisan ozon ini mulai diketahui ketika para ilmuwan menemukan bahwa CFC yang sangat mudah untuk diproduksi dapat memberikan ancaman terhadap lapisan ozon, contohnya penggunaan AC, Kulkas, dan atau parfum secara berlebihan. (GL)

 

Sumber:

http://m.mediaindonesia.com/read/detail/4292-1913-lapisan-ozon-ditemukan

https://www.google.co.id/amp/s/ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/lapisan-ozon/amp

nationalgeographic.com