Mau maskeran muka di salon tapi gak ada waktu? Udah tanggal tua dan muka kelihatan kusam? Kuliah di Universitas Pertamina emang menguras waktu banget. Gimana enggak, kita kuliah dari jam tujuh pagi sampai dengan jam lima sore. Jadwal kuliahnya juga bukan main padetnya. Mau hangout bareng temen aja susah cari waktu kosong, apalagi mau ke salon? Ditambah lagi dengan posisi kampus yang berada di wilayah perkotaan Jakarta, panas dan banyak polusi bikin muka kelihatan kusam banget. Mau ke salon pas lagi weekend, tapi gak ada uang. Aduh, kira–kira gimana ya?

Jangan cemas, UP-ers! Ada beberapa tips untuk membuat masker muka sendiri yang murah dan mudah banget pastinya. Kamu bisa membuat masker ini di kosan mu, loh! Bahan – bahan yang diperlukan juga mudah kamu dapatkan. Yuk, langsung aja intip apa aja sih tipsnya?

Masker Kunyit Bubuk dan Minyak Zaitun

Yang kamu perlukan untuk membuat masker ini adalah :

  • 2 sdm kunyit bubuk
  • 1 sdm minyak zaitun

Caranya gampang banget. Kamu letakkan 2 sdm kunyit bubuk di mangkok bersih. Lalu kamu tuangkan 1 sdm minyak zaitun juga ke dalamnya. Setelah itu kamu aduk–aduk dan pastikan agar kunyit bubuk dan minyak zaitunnya tercampur dengan rata kemudian oleskan ke bagian muka selama 10 – 15 menit. Bersihkan masker dengan menggunakan air dingin. Kamu bisa menemukan kunyit bubuk ini di minimarket atau supermarket terdekat. Harganya juga terjangkau kurang dari 15 ribu untuk ukuran 55 gram.

Mengapa sih kunyit bubuk dan minyak zaitun? Menurut ccrc.farmasi.ugm.ac.id, kunyit memiliki kandungan senyawa diarylheptanoid 3 – 4% yang terdiri dari hidihrokurkumin, curcumin, desmetokskurkumin, dan bisdesmetoksirkurkumin. Sifat dari kunyit sendiri ialah anti-flamasi, anti-bakteri, dan jamur. Sehingga, kunyit biasa digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan jerawat.

Sedangkan minyak zaitun merupakan minyak yang diperoleh dari buah zaitun (olea europaea). Pohon buah zaitun banyak terdapat di wilayah Mediterania. Minyak ini mengandung lemak, vitamin E, vitamin K, asam oleat, dan polifenol. Minyak zaitun bisa sebagai zat anti-oksidan juga nih UP-ers dikarenakan mengandung fenol yang dapat menetralisir radikal bebas

Masker Kunyit Bubuk dan Madu

Yang kamu perlukan adalah :

  • 2 sdm kunyit bubuk
  • 1,5 sdm madu

Caranya yaitu letakkan kunyit bubuk dan madu di mangkok atau wadah yang sama. Lalu diaduk agar kunyit dan madunya bisa tercampur. Oleskan ke muka dengan menggunakan jari atau kuas masker setelah itu tunggu 20 – 30 menit. Lalu bersihkan masker dengan menggunakan air dingin. Masker ini ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan muka, loh!

Madu bukannya biasanya untuk diminum? Kok dipakai untuk masker muka?

Eits, jangan salah, UP-ers! Madu, selain rasanya manis, bisa membuat mukamu menjadi terlihat semakin manis pula. Madu dikumpulkan oleh lebah dari nectar, serbuk sari, dan resin dari bunga. Madu sendiri mengandung anti-oksidan serta anti-mikroba yang dapat meremajakan kulit, menyegarkan kulit kusam, dan dapat menyerap kotoran yang terdapat di pori–pori kulit.

Masker Kopi dan Madu

Yang kamu perlukan adalah :

  • 2 sdm kopi hitam
  • 1,5 sdm madu

Caranya sama seperti melakukan dua masker diatas. Campurkan 2 sdm kopi hitam dan 1,5 sdm madu di dalam satu mangkok atau wadah. Setelah tercampur, aplikasikan pada muka dengan jari atau kuas masker lalu tunggu 15 – 20 menit. Kemudian bilas muka dengan air dingin. Masker ini berkhasiat untuk membantu menutup pori – pori yang besar.

Nah, jika mendengar kata kopi yang terlintas dibenak biasanya adalah minuman untuk begadang karena kopi mengandung kafein. Ternyata nih UP-ers, kafein dalam kopi tidak hanya untuk mengurangi rasa kantuk namun dapat membuat kulit terasa lebih lembut. Selain itu, kopi juga mengandung flavoroid dan anti-oksidan tinggi yang dapat mencerahkan kulih muka serta mengatasi masalah pori – pori besar.

Nah, bagaimana UP-ers? Sekarang sudah gak bingung lagi dong gimana membuat masker muka yang murah dan mudah. Karena semua yang digunakan adalah bahan–bahan alami, prosesnya agak lama tetapi sangat baik untuk muka kalian. Jadi, harus sabar–sabar ya, UP-ers! Selamat mencoba! (KR)