1527228781264

Ujian akhir semester (UAS) Genap untuk tahun ajar 2017/18 telah usai, dan para mahasiswa tengah menikmati liburannya. Mahasiswa sosial akan menghadapi semester pendek yang akan dimulai pada tanggal 28 Mei 2018, dan bagi mahasiswa teknik yang tidak mengikuti semester pendek akan libur hingga semester selanjutnya yang akan dimulai pada tanggal 20 Agustus 2018.

Dengan libur yang kurang lebih sekitar 3 bulan tersebut, jika kita melakukan hal-hal yang kurang produktif akan menjadi hal yang sia-sia saja. Sebagai pemuda-pemudi yang akan melanjutkan perjuangan memajukan negeri ini, alangkah baiknya waktu yang kita punya dipakai untuk hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Berikut beberapa aktifitas bermanfaat yang dapat dilakukan, diantaranya :

1. Belajar bahasa asing
Sebagai calon global leaders, kita harus memiliki bekal bahasa yang bagus untuk dapat berkomunikasi dengan orang dari berbagai belahan di dunia. Maka dari itu, dengan waktu libur yang cukup lama, kita dapat melatih kemampuan berbahasa asing kita dengan mengikuti les bahasa atau dapat dengan melatihnya secara autodidak dengan cara menerapkan bahasa tersebut di kehidupan sehari-hari, menonton film yang berasal dari negara tersebut dengan mencoba perlahan tidak memakai subtitel, menulis artikel dengan memakai bahasa tersebut, atau mendengarkan dan menyanyikan lagu bahasa tersebut.

2. Mempersiapkan diri untuk semester selanjutnya
Mungkin kita merasa hasil dari semester ini kurang memuaskan. Dan selalu penyesalan datang di akhir ketika nilai sudah keluar. Untuk semester selanjutnya, tidak ada salahnya untuk melakukan persiapan dari jauh hari. Kita dapat mencari tau mata pelajaran yang akan diberikan pada semester selanjutnya dan mulai mencari buku-buku pegangan yang berisikan materi-materi pada semester selanjutnya. Tidak perlu buru-buru menghabiskan buku tersebut, kalian punya waktu yang panjang untuk membacanya secara perlahan dan meresapinya.

3. Mencari info lomba dan beasiswa
Selagi mempunyai banyak waktu kosong, kita dapat mencari-cari informasi tentang info lomba ataupun beasiswa. Mempersiapkan diri dari jauh hari untuk mengikuti lomba ataupun beasiswa agar memiliki tingkat kematangan yang lebih akan membuat peluang memenangi lomba ataupun beasiswa tersebut menjadi lebih besar. Kalian dapat bertanya kepada teman-teman kalian yang berbeda universitas mengenai lomba yang tersedia dikampusnya ataupun dengan berselancar di internet.

4. Liburan yang bermanfaat
Jika tidak melepaskan penak ketika berlibur, apa bedanya dengan waktu kuliah. Ya, kalian dapat berlibur kemana saja. Namun, alangkah lebih baik lagi jika liburan kalian diselingi kegiatan bermanfaat. Kalian dapat melakukan kegiatan sosial sembari berlibur, atau dengan mengunjungi museum serta tempat-tempat edukatif lainnya yang berada di daerah tersebut. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

5. Berkerja ataupun magang
Jika kalian memiliki info serta peluang untuk mencoba pekerjaan yang memiliki hubungan dengan studi yang sedang kalian lakukan, cobalah untuk melakukannya. Pengalaman di lapangan dapat membantu kalian memahami pelajaran di ruangan serta dapat menambah isi dari Curiculum Vitae (CV) kalian, terlebih lagi kalian akan mendapatkan uang saku.

Mungkin kalian memiliki cerita tersendiri untuk mengisi waktu liburan kalian. Kalian dapat membagikannya di kolom komentar yaa! (RR)