PerisaiUP, Jakarta– Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah DKI Jakarta (PD PAL Jaya) telah resmi memperkenalkan teknologi terbaru dalam pengolahan tinja menjadi air bersih pada hari Rabu (23/5) di Jalan Router Ring Road Lingkar Luar I, Duri Kosambi, Cengkareng. Acara peresmian ini dihadiri oleh Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Dengan menggunakan teknologi yang bernama Andrich Tech, perangkat ini diyakini mampu mengubah limbah tinja menjadi air bersih dalam waktu 30 menit. Waktu ini lebih baik dari teknologi sebelumnya yang memakan waktu sekitar 7 hari untuk prosesnya.

“PD PAL Jaya sekarang sudah memiliki teknologi dari Andrich Tech yang jauh lebih cepat dan efisien daripada teknologi sebelumnya. Ini merupakan lompatan dan belum pernah terjadi sebelumnya,” tutur Sandi di lokasi.

“Kalau dengar nama Andrich ini kayaknya dari Austria atau Jerman ya. Ternyata ini merupakan hasil dari Andri dan Chairunnas yang berasal dari Sumatera Barat, dan berhasil menciptakan teknologi tepat guna,” sambungnya.

Andri sendiri menjelaskan, ada satu tangki ukuran besar yang berguna untuk menampung serta menyaring air dari lumpur. Air ini kemudian dialirkan kedalam kontainer yang menggunakan Andrich Tech, lalu diproses bersamaan dengan alat treatment air yang menggunakan ultra filtrasi untuk menghasilkan air bersih. Air yang tadinya berwarna coklat kehitaman menjadi bening saat keluar dari kontainer.

Melihat dari keuntungan yang ditawarkan, Wagub Sandi berjanji untuk menambah sekitar 200 unit untuk ditempatkan di beberapa pemukiman padat penduduk.

“Target PD PAL Jaya bersama PT MJH Lestari Internasional (Andrich) akan memasang 200 unit untuk 3 tahun. Ini merupakan karya anak bangsa yang harus dibela, kalau bukan kita, siapa lagi,” ujarnya.

Ia juga menambahkan untuk sementara Andrich Tech akan ditempatkan di IPLT (Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja) Duri Kosambi untuk mengalirkan air ke sawah-sawah di sekitar IPLT. Tinggal sedikit pengolahan lagi agar airnya dapat diminum. (V)

Sumber:

Kompas
Wartakota Tribunnews