PerisaiUP, Jakarta–Tak terasa puasa sudah menginjak hari keenam. Umat Muslim yang berpuasa sudah mulai terbiasa dengan bulan yang penuh berkah ini. Selain tidak di perbolehkan makan dan minum ketika Puasa, ada loh hal-hal lain yang seharusnya tidak kita lakukan saat puasa. Mau tau apa aja? Yuk cek dibawah ini:

1526977502539

1. Tidur sehabis Sahur

Tidur memang menjadi kebutuhan manusia. Ketika bangun sahur kita pasti akan memotong jam tidur malam kita yang biasanya. Setelah sahur dan Solat Subuh, tak jarang kita langsung tidur lagi. Namun ternyata hal ini tidak baik untuk kesehatan kita loh! Salah satunya yaitu makanan yang kita makan tidak akan tercerna dengan sempurna, yang mengakibatkan makanan akan membusuk di dalam usus serta meningkatkan produksi gas racun amonia yang berbahaya. Akibatnya akan terjadi penumpukan kalori yang dapat membuat kita terkena Obesitas.

Kalian gak mau kan terkena penyakit di atas? Yuk mulai sekarang tunggu 1-2 jam setelah sahur agar makanan dalam tubuh kita dapat tercerna dengan baik. Waktu menunggu ini dapat kita lakukan dengan Membaca Al-Qur’an, membersihkan tempat tidur/rumah ataupun kegiatan bermanfaat lainnya.

2. Bergosip

Seperti yang kita tau bahwa membicarakan / memfitnah orang lain adalah hal yang tidak baik. Ada baik nya di bulan yang suci ini kita mulai mengurangi kegiatan yang tidak berfaedah seperti ini. Jika kita masih melakukan ini ketika puasa kita akan mendapat 2 dosa. Pertama, dosa karena membicarakan orang lain (gibah), Kedua karena memfitnah orang lain, yang mana hal itu belum tentu benar. Yang lebih parah bisa-bisa nanti puasa kita tidak akan diterima Allah SWT loh… jadi sia-sia saja kita 12 jam hanya menahan haus dan lapar.

Daripada kita menjadi orang yang merugi lebih baik kita melakukan hal-hal yang bermanfaat dan tentunya menambah pahala. Misalnya dengan berbagi ta’jil bersama teman-teman, mendengarkan dakwah di Masjid ataupun membantu orang tua menyiapkan makanan untuk berbuka.

3. Marah dan Berkata Kasar

Marah menjadi salah satu emosi dasar manusia dan biasanya ketika kita tidak mampu membendung rasa marah tersebut kita akan mengeluarkan kata-kata kasar ataupun menangis. Ketika puasa kita tidak hanya diajarkan untuk menahan lapar dan haus, namun juga menjaga hawa nafsu kita. Jika kita masih marah dan berkata yang tidak baik, akan membuat pahala berpuasa kita berkurang. Sangat disayangkan bukan?

Maka itu ketika ada sesuatu yang membuat emosi kita naik lebih baik kita menarik nafas sebanyak-banyaknya, serta ber-istigfar. Kedua hal ini akan membuat kita lebih tenang dan damai. Namun apabila masih kurang yang kita lakukan, lebih baik kita tidur. Ingat! Tidurnya orang yang berpuasa itu ibadah loh. Asalkan jangan tidur seharian yaa.

4. Muntah yang disengaja

Beberapa orang terbiasa untuk memasukan tangannya ke dalam mulut ketika ia gugup. Namun hal ini baiknya harus dihindari ketika kita berpuasa. Apalagi sampai terlalu dalam hingga menyebabkan muntah. Bisa-bisa batal puasa kita hanya karena hal sepele ini.

Ketika tangan kita tidak bisa berhenti, lebih baik kita gunakan tangan dan mulut kita untuk berdzikir kepada-Nya. Selain tidak membatalkan puasa, kita juga akan dapat pahala yang berlimpah di bulan Ramadan ini!

Nah itulah beberapa hal yang sebaiknya tidak kita lakukan ketika berpuasa. Bulan yang penuh keberkahan ini hanya datang 1 bulan selama setahun, maka dari itu pergunakanlah dengan sebaik mungkin dan menjalankan hal-hal yang bermanfaat agar kita mendapat banyak berkah! (IS)

https://hype.idntimes.com/fun-fact/rizal/puasamu-terhitung-batal-kalau-kamu-melakukan-13-hal-ini-selama-puasa/full