1526906800227

7 Habits of Highly Effective People” merupakan sebuah buku karya Stephen R. Covey yang mampu menarik perhatian serta menjadi inspirasi bagi pembacanya. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa di seluruh dunia serta membuahkan sejumlah penghargaan bagi penulisnya. Pertanyaannya adalah apa yang istimewa dari buku ini?

Dalam buku ini, Stephen R. Covey menyampaikan pandangannya mengenai prinsip – prinsip yang dapat menjadikan hidup lebih efektif. Menariknya, Covey mampu mengemas prinsip tersebut sedemikian rupa sehingga memunculkan kekaguman dari berbagai kalangan. Hal ini dikemukakan oleh Warren Bernis, seorang ahli kepemimpinan, yang menyatakan Covey telah menulis buku yang luar biasa mengenai kondisi manusia dengan piawai dan penuh pengertian, yang berguna bagi kehidupan pribadi dan organisasi.

Prinsip – prinsip dalam konsep “7 habits” ini sangat relevan untuk diterapkan oleh mahasiswa. Ketujuh kebiasaan tersebut, di antaranya:

Be Proactive
Istilah proaktif tidak hanya berarti memliki inisiatif. Lebih dari itu, proaktif yang didefinisikan Covey mengarah pada sikap tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan didasari dengan nilai – nilai yang diyakininya. Mahasiswa yang proaktif akan menggunakan waktunya untuk urusan – urusan yang dapat dikendalikannya, karena mereka terbiasa untuk berpikir sebelum bertindak. Misalnya, meningkatkan kehadiran di kelas, mengerjakan tugas semaksimal mungkin, serta fokus terhadap suatu hal yang sedang dilakukan. Kebiasaan ini juga dapat meningkatkan integritas diri sebagai mahasiswa.

Begin with the End in Mind
Pengertian dari kebiasaan ini adalah menentukan tujuan yang ingin dicapai sebelum memulai melangkah. Selain menentukan tujuan, penting juga untuk mepertimbangkan konsekuensi yang akan terjadi atas keputusan yang dibuat. Hal ini untuk meminimalisir langkah – langkah yang tidak perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga hidup dapat berjalan lebih efektif.

Put first, Things First
Kebiasaan baik yang ketiga ini berarti mendahulukan yang penting atau utama. Mengutamakan hal yang penting akan membuat hidup menjadi lebih efektif. Dalam hal ini, kemampuan dalam menentukan prioritas adalah satu keterampilan yang penting. Prioritas yaitu sesuatu memiliki dampak besar terhadap tujuan kita, yang menjadi target terdekat dan bisa jadi berpengaruh bagi orang banyak.

Think Win – Win
Pola pikir menang – menang adalah pola pikir yang mementingkan semua pihak. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya win – win solution, semua pihak akan merasa senang dengan keputusan yang dibuat dan membuat mereka merasa menjadi bagian di dalamnya. Pola pikir ini melihat kehidupan sebagai arena yang kooperatif, bukan kompetitif.

Seek First to Understand Then to be Understood
Kebiasaan buruk kita adalah senantiasa ingin selalu dimengerti tanpa berusaha mengerti orang lain. Mengubah paradigma ini penting dilakukan untuk meningkatkan rasa empati terhadap orang lain. Berusahalah untuk memahami orang lain terlebih dahulu. Seperti halnya di dalam forum, sebelum menyampaikan ide atau gagasan pribadi, ada baiknya untuk memahami dan menerima pendapat orang lain.

Synergize
Membangun sinergi dapat dilakukan dengan bekerja sama dari latar belakang berbeda untuk menciptakan lingkungan yang harmonis. Perbedaan latar belakang akan membuka ruang terciptanya ide – ide yang beragam serta mampu menghasilkan solusi yang kreatif dan menguntungkan.

Sharpen the Saw
Prinsip ini dikenal dengan priciples of balanced self – renewal. Kebiasaan ini membantu mengasah kemampuan dan pengetahuan. Seseorang yang memiliki kebiasaan, harus memiliki kesadaran diri untuk selalu memperbarui kemampuannya, agar dapat terus berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Pembaruan diri harus dilakukan secara berimbang pada empat dimensi diri, yaitu pada segi fisik, mental, spiritual dan sosial.

Dengan menerapkan ketujuh kebiasaan di atas, diharapkan dapat menjadikan kehidupan kita menjadi lebih efektif serta mampu menjadi pribadi yang memiliki personal power, sukses dalam karir serta kehidupan keluarga. (NF)

Sumber:
https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/download/830/464