PerisaiUP, Jakarta–Bulan Ramadhan tahun ini, yang jatuh mulai tanggal 17 Mei 2018 telah tiba. Hal ini menandakan umat Islam khususnya di Indonesia menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa akan berjalan lancar ketika kita mempersiapkannya dengan matang.

Persiapan yang dilakukan meliputi persiapan tubuh untuk menjalani puasa dan persiapan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Persiapan diri dapat dilakukan dengan meninggalkan hal-hal negatif yang ada di dalam pikiran dan hati kita, dan beralih melakukan hal-hal positif seperti beramal, membantu sesama, dan menghindari perkataan kasar.

Sedangkan dalam mempersiapkan tubuh saat menjalani puasa dapat dilakukan dengan banyak cara, antara lain:

Tips saat Sahur
1526614994933

Minumlah segelas air saat bangun tidur, setelah menyantap makan sahur sesaat dan sebelum imsak. Hal ini berguna untuk menjaga metabolisme tubuh selama menjalani hari. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, serat (sayur dan buah) dan protein (telur, yogurt, dan kacang) untuk kenyang lebih lama. Dan jangan lupa, bangunlah tepat waktu agar makan tak buru-buru.

Tips selama Berpuasa

1526614997121

Kurangi aktivitas fisik yang menguras tenaga dan lebih baik tidak terpapar terik matahari dalam waktu lama agar tubuh tidak mudah lelah dan dehidrasi. Istirahatkan tubuh ketika ada waktu luang, untuk menggantikan waktu bangun saat sahur. Dan tetap jaga kebugaran tubuh dengan baik. Ngabuburit dapat menjadi pilihan untuk menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Tips saat Berbuka

1526614998799

Makan kurma dan minumlah minuman yang manis seperti susu, es buah, teh manis dan segelas air mineral untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Kemudian konsumsi makanan secukupnya yang mengandung protein, serat dan karbohidrat. Hindari makanan pedas dan gorengan berlebih yang dapat mengganggu pencernaan.

Minumlah segelas air setelah melaksanakan ibadah solat Magrib, solat Isya, solat Tarawih, dan sebelum tidur untuk mencukupi cairan tubuh dan menghindari dehidrasi. Tidur yang cukup agar dapat bangun tepat waktu saat sahur dan hindari pikiran-pikiran negatif yang dapat menyebabkan stress.

 

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi umat Islam yang melaksanakannya. Semoga diberikan kelancaran dan keberkahan di bulan Ramadhan ini. Dan semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat untuk umat yang melaksanakan. (LW)

Gambar: Google Images