1526532476017.jpgPadusan merupakan tradisi yang dilakukan sehari sebelum bulan Ramadhan yang biasa dilakukan di Jawa Tengah khususnya daerah Klaten dan sekitarnya. Tradisi ini secara simbolik berarti menyucikan diri sebelum menyambut bulan suci Ramadhan.

Padusan dilakukan dengan cara mandi di mata air setempat. Biasanya bertempat di Obyek Mata Air Cokro (OMAC), Umbul Ponggok dan mata air lainnya.

Di OMAC, Padusan biasa dilakukan secara simbolik oleh Bupati Klaten. Dengan kegiatan pertama siraman pada Mas & Mbak Klaten (Duta Pariwisata Kab. Klaten), lalu dilanjutkan padusan oleh warga.

“Tradisi ini harus dijaga karena ini turun temurun dan bisa menarik wisatawan berkunjung, karena biasanya sebelum pada bulan Ramadhan tempat wisata akan sepi,” tutur Novita (20) salah seorang warga Klaten.

Adapun pendapat menurut warga lain yaang mengatakan sebaiknya padusan tak perlu dilakukan secara berlebihan. Misalnya dengan tidak mengundang orkes dangdut setempat karena dapat merusak arti padusan itu sendiri. Mengingat sering digelarnya mini konser dangdut disekitar area Padusan.

Walaupun terdapat beberapa pendapat mengenai tradisi ini, kita sebagai warga Indonesia perlu menjaga keaslian makna dari tradisi ini. Agar di masa depan tradisi ini tetap terjaga dan ada terus menerus seiring dengan perkembangan jaman. (MNS)

Sumber: https://pariwisataklaten.id/2017/05/tradisi-padusan-sambut-ramadhan-di-omac-cokro.html