Tahun baru merupakan salah satu perayaan yang dinanti dengan sukacita oleh banyak orang di dunia. Momen ini banyak ditunggu karena tahun baru identik dengan perayaan untuk menyambut datangnya tahun yang baru serta penanda berakhirnya tahun sebelumnya. Resolusipun dicanangkan agar satu tahun ke depn menjadi lebih baik. Di bawah ini Tim Media Kampus telah merangkum perayaan tahun baru unik di beberapa kota di dunia

New York, Amerika Serikat

Jika  tempat lain identik dengan kembang api, maka kota New York identik dengan tradisi menjatuhkan bolanya. Tradisi yang lebih kenal dengan sebutan ball drop ini merupakan sebuah time ball, perangkat kuno yang digunakan untuk menunjukkan waktu. Bola kristal ini dijatuhkan dari One Times Squre dan akan jatuh perlahan sejauh 43 meter selama 60 detik terakhir di tahun yang sedang berjalan. Untuk menambah kemeriahan, acara ball drop akan dibarengi dengan acara musik yang disiarkan secara global.

image
(https://www.timeout.com/newyork/blog/10-insider-tips-for-doing-times-square-on-new-years-eve-123015)

 

London, Inggris

London merupakan salah satu kota yang malam tahun barunya dipenuh dengan pesta dan perayaan. Perayaan tahun baru biasanya akan terkonsentrasi di area sungai Thames tepatnya di London Eye (dikenal juga dengan nama Millenium Wheel) karena pada tempat inilah kembang api diluncurkan. Pada tengah malam, langit akan diwarnai dengan kembang api warna-warni bersamaan dengan Big Ben yang berdentang sebanyak 12 kali.

london-new-years-eve-fireworks_london-new-years-eve-fireworks-visitlondoncomstewart-marsden_524bdf5023f1cb7dcbffaa224f5d0f61
(https://www.visitlondon.com/things-to-do/event/27002385-london-new-years-eve-fireworks)

Sydney, Australia

Di kota Sydney, perayaan tahun baru dilakukan di area Sydney Harbour Bridge dan Opera House dan memiliki pesta kembang api termegah di dunia. Kurang lebih ada 30.000 efek kembang api yang akan menyala selama 12 menit. Setelah penmpilan dari kembang api ini, langit malam akan dipenuhi cahaya yang berasal dari Harbour of Light Parade.

new-year-in-Sydney
(http://www.nusatrip.com/blog/7-kota-yang-punya-pesta-tahun-baru-terbaik-di-dunia/)

 

Paris, Perancis

Jika mendengar kata Paris, hal yang pertama kali melintas di benak kita adalah Menara Eiffel. Saat malam tahun baru, akan dilakukan perayaan dengan kembang api di Menara Eiffel. Luar biasanya lagi, perayaan tahun baru di kota Paris dilakukan selama satu bulan penuh.

new-year-in-paris
(http://www.nusatrip.com/blog/7-kota-yang-punya-pesta-tahun-baru-terbaik-di-dunia/)

 

Rio de Janeiro, Brazil

Di kota ini perayaan tahun baru dilakukan di pantai Copacabana dan merupakan salah satu perayaan yang paling besar di dunia. Kita bisa menikmati makan malam dan pesta semalam suntuk yang disebut dengan Reveillon di pantai ini. Biasanya orang-orang yang datang akan menggunakan baju warna putih sebagai bentuk penghormatan kepada dewi laut yang dkeanl dengan sebutan Lemanja. Selain itu, orang-orang juga akan menebarkan bunga berwarna putih di laut. Jangan menggunakan baju berwarna hitam karena orang Brazil menganggapnya sebagai pertanda buruk.

copacabana-beach
(http://www.nusatrip.com/blog/7-kota-yang-punya-pesta-tahun-baru-terbaik-di-dunia/)

Nah itulah kota-kota yang memiliki perayaan tahun baru yang unik di dunia. Jadi UPers, mau menghabiskan tahun baru di kota yang mana kali ini?

(IDL)

Referensi : English First Blog, Antara News, Nusatrip