Jakarta, Perisai UP – Jakarta dilanda hujan lebat selama beberapa jam pada 11 Desember 2017 lalu. Curah hujan yang tinggi tersebut tak hanya dialami di wilayah Ibu Kota Indonesia saja, melainkan juga wilayah sekitar Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Hujan lebat tersebut melanda Jabodetabek setelah cuaca panas yang dialami selama kurang lebih lima hari.

Jenis hujan yang mengguyur daerah Jakarta dan sekitarnya tersebut bertipe hujan yang lebat, bervolume tinggi, dan dalam waktu yang cepat. Hujan lebat yang melanda Jakarta tersebut berdurasi dua hingga tiga jam namun telah mampu membanjiri beberapa wilayah di Jakarta. Beberapa daerah tersebut bukanlah daerah baru yang dilanda banjir, namun merupakan daerah yang sering dilanda banjir seperti daerah Kebayoran Baru & Mampang (Jakarta Selatan), di sekitar Jalan Gatot Subroto & Pancoran (Jakarta Pusat), dan bagian Jakarta lainnya.

Hujan lebat pun masih berkemungkinan melanda Jakarta dan sekitarnya dalam waktu dekat. Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, mengatakan dalam wawancara yang dilakukan pada siaran TV One bahwa pemerintah daerah bertanggung jawab atas semua banjir yang melanda Jakarta lalu yang menghambat aktivitas warganya. Pemerintah juga menghimbau agar masyarakat mau membantu membuat daerah resapan atau sumur resapan di daerahnya serta menghimbau warganya untuk segera menghubungi saluran telepon 112 jika menghadapi masalah serupa. (AHP/NA)