Jakarta, Perisai UP – Beberapa daerah di Indonesia sedang dilanda oleh penyakit difteri. Penyakit tersebut merupakan suatu Kejadian Luar Biasa (KLB) yang jarang terjadi di Indonesia. Penyakit difteri menyerang dan menyebar di Indonesia pada pertengaahan tahun 2017 ini. Penyakit ini tak hanya merebak di daerah – daerah saja, melainkan juga di Ibu Kota DKI Jakarta.

Penyakit Difteri ini muncul karena adanya bakteri Corynebacterium diptheriae dengan gejala adanya demam, flu, gatal – gatal, serta peradangan pada selaput saluran pernafasan hidung dan kulit. Penyakit inipun juga dapat mengganggu aktivitas jantung dan sistem syaraf.  Munculnya penyakit ini dikarenakan adanya kesenjangan imunisasi dari daerah yang satu dengan daerah lainnya akibat tidak melaksanakan imunisasi yang lengkap.

Menurut laporan dari Departemen Kesehatan RI sejak 1 Januari hingga 4 November yang lalu, telah terjadi 591 kasus penyakit difteri dengan 32 kematian yang disebabkan oleh penyakit ini di 95 kabupaten atau kota pada 20 provinsi di Indonesia.

Dalam menghadapi serangan penyakit inipun, pemerintah tengah menggalakan adanya imunisasi. Penyakit yang sering menyerang anak – anak serta balita inipun juga dapat menyebar secara cepat karena merupakan penyakit menular yang mengakibatkan kematian. Sehingga, kegiatan imunisasi inipun perlu digalakkan. (AHP)

Sumber: depkes.go.id