PERISAI UP, Jakarta – UPFC (Universitas Pertamina Futsal Championship) 2017, turnamen eksternal futsal antar universitas se-Jabodetabek dimulai pada Sabtu, 18 Oktober 2017, berlokasi di GOR Pertamina Simprug, Jakarta Selatan. Pertandingan pertama mempertemukan Universitas Pertamina B (Uperta B) dengan Politeknik Media Kreatif A (Polimedia A). Partai pembuka ini berkesudahan 2-2 untuk kedua tim.

Tirta Anugrah Wijaya, kiper  dari tim Universitas Pertamina B, mengatakan hasil imbang membuat timnya harus berbenah di sektor komunikasi antar pemain, karena komunikasi saat jalannya pertandingan kurang baik dan tim kurang memaksimalkan peluang yang ada. Tirta menambahkan persiapan yang dilakukan tim Universitas Pertamina A maupun B mengikuti turnamen ini cukup maksimal, dengan porsi latihan seminggu 3 kali. Hal ini dilakukan karena adanya kesempatan memakai lapangan. “Terkadang masih terbatas dengan jadwal yang ada, jadi ketika ada jadwal kosong, kita pakai. Bahkan sempet latihan beberapa kali di malam hari” ujar Tirta.

Ridwan Muliawan, Ketua Pelaksana UPFC 2017, menuturkan persiapan UPFC 2017 sudah cukup matang, karena segala kebutuhan sudah di diskusikan sejak 5 bulan sebelum pelaksanaan acara. Animo dari universitas lain sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari banyaknya tim yang mendaftar dan bahkan melebihi kuota.“Harapan untuk mahasiswa (Universitas Pertamina), semoga mahasiwa (Universitas) Pertamina dapat berpartisipasi dan sekaligus mendukung secara langsung untuk kelancaran dan kesuksesan acara UPFC ini” tutup Ridwan. UPFC 2017 sendiri menggunakan sistem setengah kompetisi, dan diikuti oleh 16 tim yang terbagi atas 4 grup. Setiap tim bermain dua kali untuk memperebutkan tiket 8 besar.Pertandingan pertama UPFC 2017 ini ditutup dengan skor 2-2, Uperta B dan Polimedia A berbagi angka. (LW/EK)