Gak kerasa yaa 2017 akan segera berakhir, seperti semester ganjil kita kali ini. Rencana pulang ke rumah ataupun kampung halaman, bertemu dengan teman lama dan keluarga juga sudah dipikirkan. Tapi sebelum menjalankan itu semua, tentunya masih ada pekerjaan yang harus kita lewati sebagai mahasiswa, yaitu Ujian Akhir Semester (UAS).

For your information nih UPers, Ujian Akhir Semester Universitas Pertamina akan diselenggarakan mulai tanggal 4 hingga 9 Desember 2017. Daripada menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS), yuk simak tips-tips yang bisa kamu ikuti agar bisa santai saat ujian nanti!

 
1. Lengkapi catatanmu

Mulailah membuka buku catatan kuliahmu dari awal semester ini. Periksalah setiap pertemuan yang belum ada atau belum lengkap isinya. Kita bisa banget untuk buka e-learning dan melihat materi yang sudah di jelaskan oleh dosen. Atau kalau kamu malas untuk menulis lagi atau merasa tulisanmu sulit dibaca, kamu bisa print PPT yang sudah ada di e-learning ataupun fotocopy catatan temanmu. Tapi, jangan lupa untuk minta izin dulu yaa!

 
2. Belajar dengan teman

Bila catatan kita sudah lengkap, it’s time to start! Kamu bisa minta teman-teman dekat mu atau teman sekelas yang kamu rasa lebih menguasai mata kuliah untuk saling berbagi dan belajar. Kurangi sedikit demi sedikit waktu mainmu bersama teman ataupun gadget. Selagi masih banyak waktu, kamu bisa mulai pelajari bagian yang tersulit terlebih dulu.

 
3. Olahraga!

Di musim yang tak pasti ini, rawan banget loh untuk menyebabkan penyakit, seperti flu, demam, batuk dan lain-lain. Tentunya kamu gak mau kan sakit saat ujian sehingga waktu liburmu akan berkurang karena ada ujian susulan? Agar tetap fit saat ujian nanti, kamu bisa olahraga di pagi hari yang cerah untuk sekedar relaksasi dan menumbuhkan mood mu untuk belajar.

 
4. Siapkan “bekal” yang cukup

Saat menjelang ujian, kamu pasti akan bekerja ekstra dalam belajar. Untuk itu penting banget untuk menyiapkan “bekal” yang cukup. Seperti tenaga, pikiran, waktu untuk belajar mata kuliah satu dengan yang lainnya, dan yang terpenting siapkan makanan. Karena dengan makanan, akan membantu kita lebih semangat untuk belajar.

 
5. Jangan lupa istirahat

Kalo kamu udah ikutin tips-tips diatas, jangan lupa untuk istirahat. Karena, bagaimanapun kamu tetaplah seorang manusia yang butuh istirahat. Istirahat yang cukup akan mengembalikan tenaga kamu yang telah terkuras saat belajar. Sehingga akan membuat mu lebih siap dalam menghadapi pekan ujian nanti.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu ikutin agar bisa santai dalam menghadapi ujian nanti. Jangan lupa berdoa dan selalu jujur yaa UPers. Good luck for your final exam! ( (IS/NA)

 

 
Sumber: http://www.hipwee.com/tips/walau-belajar-dengan-sistem-kebut-semalam-ini-10-cara-agar-kamu-tetap-sukses-dalam-ujian/