JAKARTA (3/8) – Kurangnya tanggung jawab Mahasiswa/i Universitas Pertamina terhadap bungkus makanan dan minuman yang dibeli, membuat setiap sudut kawasan Kantin Universitas Pertamina dipenuhi oleh sampah.

Sampah – sampah habis pakai ditinggalkan begitu saja di meja seusai makan. Kurangnya tanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan kampus menjadi cerminan mahasiswa/i Universitas Pertamina. Kebiasaan buruk ini dikhawatirkan dapat berdampak pada citra buruk Universitas Pertamina, apalagi di Kompleks Pertamina terdapat beberapa anak perusahaan PT. Pertamina Persero seperti Pertamina Corporate University, Pertamina Foundation, dan Persatuan Wanita Patra. Apabila kebiasaan ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin penilaian buruk akan didapatkan Universitas Pertamina.

Berserakannya sampah tidak hanya membuat citra buruk saja, tetapi juga akan menganggu kenyamanan dan kesehatan. Sampah – sampah yang berserakan dapat menimbulkan bau busuk yang menganggu kenyaman pengunjung kantin dan lalat – lalat akan beterbangan diarea kantin. Tidak heran jika lalat akan hingga di makanan dan minuman yang terhidang diatas meja. Tentunya bukan hal yang menyehatkan bukan?

“Memang kantin saat ini terlihat lebih ramai karena adanya mahasiswa baru, sehingga menyumbang lebih banyak sampah perharinya. Jumlah tempat sampah yang ada di kantin tidak setara dengan jumlah sampah yang dihasilkan. Adanya kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan dari seluruh masyarakat Universitas Pertamina sangat dibutuhkan, selain pengelolaan lingkungan kantin yang perlu diperbaiki juga.” ujar Intang Pingki, Mahasiswi Prodi Teknik Geofisika yang ditemui di kantin.

Universitas Pertamina telah menghimbau kepada mahasiswa/i agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dimanapun agar lingkungan tetap sehat dan asri. Kedepannya mahasiswa/i Universitas Pertamina diharapkan mampu bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan kampus. Begitu juga dengan pengeololaan lingkungan kantin diharapkan akan semakin baik, sehingga kebersihan lingkungan kantin dapat terpantau. Akhirnya, jika kawasan Universitas Pertamina bersih dari sampah, suasana akan lebih sehat dan nyaman. (Vitra/Ezra)